Terekam Video Tengah Memangsa Rusa, Bukti Perubahan Iklim Juga Dialami Beruang Kutub
Ilustrasi beruang kutub tengah berburu. (Wikimedia Commons/Lysogeny)

Bagikan:

JAKARTA - Rekaman langka beruang kutub mengejar rusa ke dalam air dan membunuhnya bisa menjadi indikasi nyata lain, dampak dari perubahan iklim yang terjadi di bumi.

Mengutip Euronews 28 November, setelah beruang kutub betina menenggelamkan korban rusa jantan, dia menyeretnya ke darat dengan gerakan yang menunjukkan perubahan pola makan beruang di Kepulauan Svalbard, Norwegia.

Video itu diambil oleh tim peneliti dari stasiun ilmiah Polandia terdekat yang menyaksikannya terjadi, menangkap tontonan itu di kamera untuk pertama kalinya.

Mundurnya es laut membuat beruang terdampar di darat untuk waktu yang lebih lama. Jadi, dengan berkurangnya anjing laut dan populasi rusa kutub yang terus meningkat di Svalbard, tampaknya beruang kutub dipaksa untuk mengubah kebiasaan makan mereka.

Insiden itu dilihat sebagai salah satu dari serangkaian pengamatan yang menunjukkan, beruang kutub semakin memangsa hewan darat untuk menebus akses terbatas mereka ke makanan normal mereka.

Di Svalbard, lebih dari 1.000 kilometer dari Kutub Utara dan di mana rambu-rambu memperingatkan bahaya beruang kutub, sekitar 300 beruang menetap hidup bersama sekitar 20.000 rusa kutub.

Sekarang ada indikasi bahwa beruang kutub lebih sering berburu rusa dalam beberapa dekade terakhir.

Fakta bahwa beruang terdampar di darat dan jumlah rusa kutub terus meningkat di Svalbard karena larangan berburu tahun 1925, telah menghasilkan fenomena yang tidak biasa.

Untuk diketahui, makan rusa telah menjadi kebutuhan dan peluang bagi beruang kutub. Tapi itu sebagian besar dilihat sebagai bukti lebih lanjut dari perubahan iklim.