BREAKING NEWS: Jasad Emmeril Khan Mumtadz Ditemukan
Emmeril Kahn Mumtadz. (DOK VIA Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman D. Hadad didampingi pihak keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman menyampaikan jasad Emmeril Khan Mumtadz, anak Gubernur Jawa Barat Ridwan berhasil ditemukan.

"Kemarin, kepolisian kanton Bern menemui kami di KBRI bersama keluarga menyampaikan informasi awal, penemuan jasad diduga Eril pada pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau sekitar 11.50 WIB. Sesuai prosedur, forensik langsung identifikasi dan penelusuran DNA," ujarnya dalam keterang pers virtual Kamis, 9 Juni.

"Hari Kamis 9 Juni siang waktu Swiss, pihak kepolisian mengkonfirmasi, hasil tes DNA jasad yang ditemukan adalah Emmeril Khan Mumtadz," katanya.

"Sesuai prosedur hukum di Swiss, pihak kepolisian mengurus semua berkas dokumen untuk penyerahan jasad dari kepolisian kepada keluarga. Dua jam lalu, pengadilan setempat mengeluarkan izin penerimaan jasad Eril."

Duta Besar Muliaman menambahkan, KBRI Bern memastikan seluruh hak Eril sebagai Muslim terpenuhi sesuai syariat Islam. KBRI akan terus mendampingi sampai proses repratriasi ke Tanah Air.

Diberitakan sebelumnya, Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman D. Hadad menyebut otoritas Swiss akan melanjutkan proses pencarian Emmeril Khan Mumtadz, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sampai ditemukan dan tanpa batas waktu, dengan menyebut tidak ada perubahan status pencarian.

"Pihak kepolisian masih dan terus melakukan upaya maksimal dalam pencarian. Pemerintah kota setempat juga memberikan perhatian khusus upaya pencarian, tanpa batas waktu yang ditentukan, akan berlangsung hingga ditemukan," ujar Duta Besar Muliaman.

Mengenai beredarkan kabar perubahan status pencarian Eril, sapaan akrab Emmeril, dari orang hilang menjadi orang tenggelam, dipastikan tidak ada.

"Perubahan status, tidak pernah ada perubahan status. Sejak awal misi pencarian yang dilakukan polisi adalah mencari orang hilang. Istilah baku. Sesuai kebijakan, tidak akan berhenti sampai Eril ditemukan," ungkapnya.

Diketahui, Eril yang tengah berada di Swiss terseret arus saat berenagan di Sungai Aaree di Bern, pada Kamis 26 Mei lalu. Kondisi cuaca cerah saat peristiwa terjadi.