Bagikan:

JAKARTA - Balapan Formula E telah digelar sejak pukul 15.00 WIB. Cuaca di Jakarta International E-Prix Circiit (JIEC) ternyata masih cukup terik.

Namun, hal ini tak menyurutkan niat sejumlah penonton pada ketegori Circuit Festival yang rela berpanas-panasan untuk mendekati arena sirkuit demu bisa menyaksikan balapan mobil listrik.

Circuit Festival adalah area penonton dalam kawasan sirkuit yang tak diberi kursi untuk duduk saat menonton balapan. Tiket pada kategori ini dijual seharga Rp450 ribu belum termasuk pajak.

Penonton kategori Circuit Festival bernama Adit, 33 tahun, mengaku rela berpeluh keringat diterpa panasnya matahari saat menonton balapan. Adit memang tak menyediakan payung saat datang menonton balapan ke sirkuit.

Selain karena menyukai balapan mobil Formula, Adit juga ingin melihat langsung bagaimana mobil balap Formula E melaju dari dekatnya.

"Balapannya seru. Penontonnya juga ikut bersorak saat mobil balapnya lewat," kata Adit saat ditemui VOI di lokasi, Sabtu, 4 Juni.

Adit memilih lokasi menonton di dekat tikungan akhir lintasan sebelum garis finish. Menurutnya, lokasi ini paling menarik untuk dilihat.

"Atmosfernya juga seru, apalagi posisi di tikungan akhir ngeliat mobil-mobil listrik balapan," ungkap dia.

Gelaran Formula E punya format berbeda dari balapan Formula 1 yang biasanya digelar tiga hari beruntun. Untuk Formula E, tiap seri hanya dilangsungkan di satu hari mulai dari latihan bebas (free practice), kualifikasi hingga balapan.

Untuk seri kesembilan di Jakarta, agenda dimulai dengan free practice (FP)1 mulai pukul 07.15 - 07.45 WIB. Selanjutnya, ada jadwal FP 2 yang mulai berlangsung pada pukul 09.00 - 09.30 WIB, kemudian babak kualifikasi pada pukul 10.40 - 11.15 WIB dan di hari yang sama juga berlangsung jadwal balapan pada pukul 15.00 WIB.