Mempertanyakan Harga Tiket Formula E yang Diduga Bikin Ancol Tekor
Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi/DOK VOI- Diah Ayu

Bagikan:

JAKARTA - Harga tiket penonton Formula E yang saat ini tengah dijual menjadi pertanyaan sejumlah pihak, termasuk Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Dalam gelaran Formula E di Ancol, tiket paling murah dijual Rp250 ribu. Tiket ini memang bukan berada di arena sirkuit, sehingga penonton disediakan layar besar untuk menyaksikan balapan secara langsung.

Penonton yang membeli tiket kategori Ancol Festival ini juga bisa memasuki salah satu wahana dari tiga area, yakni Dufan, Lumba-Lumba (Gelanggang Samudera), dan Pantai Festival.

Yang menjadi pertanyaan Praseto, ketika penonton membeli tiket Ancol Festival di area Dufan, ada kemungkinan pihak Ancol mengalami kerugian.

Sebab, harga tiket Dufan plus masuk Ancol dibanderol Rp248.535. Ketika penonton membayar tiket sebesar Rp250 ribu dan sudah bisa menikmati wahana ini, hanya ada sisa Rp1.465 dibanding harga bundling tersebut.

“Ancol ini BUMD. Perusahaan yang harus mendapat untung. Jangan sampai Ancol yang mengaku merugi karena pandemi makin tekor karena Formula E,” kata Prasetyo dalam keterangannya yang dikutip pada Selasa, 17 Mei.

Karenanya, Koordinator Komisi B DPRD DKI Jakarta ini menyebut pihaknya akan memanggil pihak Ancol untuk mempertanyakan seberapa besar Formula E mendongkrak pendapatan Ancol, berapa nilai kontrak kerjasama yang diperoleh Ancol untuk menyewakan lahan, serta berapa besar uang yang didapat dari penjualan tiket Formula E.

“Saya akan panggil pihak Ancol untuk menanyakan model kerjasama dengan Formula E," tegasnya.

Sebagai informasi, Tiket Formula E yang akan digelar di Ancol pada 4 Juni 2022 ini dijual mulai harga Rp250 ribu hingga Rp10 juta. Vice President Communication Organizing Formula E Jakarta, Iman Sjafei menjelaskan, terdapat empat jenis arena untuk menonton Formula E yang disediakan, yakni Ancol Festival, Circuit Festival, Grand Stand, serta VIP dan VVIP.

Fasilitas dari kategori tiket yang paling murah hingga paling mahal sudah termasuk akses masuk Ancol dan berbagai wahana di dalamnya, termasuk Dunia Fantasi, Sea World, Atlantis, Pantai Festival, dan sebagainya. Namun, hal itu tak termasuk Faunaland dan Gondola.

Untuk tiket seharga Rp250 ribu, nantinya benefit yang didapat yakni berkunjung ke electric stage (Dufan), vibrant stage (Lumba-Lumba) atau sustainable stage (Pantai Festival). Selain itu, penonton bisa menyaksikan melalui layar LED besar dan rekreasi Ancol, kecuali Faunaland dan Gondola.

"Jakarta E-Prix juga menyediakan tiket untuk kategori bravery stage. Dengan mengantongi tiket ini, pengunjung atau penonton bisa menyaksikan pertunjukan musik yang berada di area tengah sirkuit dan mendapatkan akses ke Alianz E-Village," ucap Iman.

Selain itu, kategori ini juga akan disediakan lahan parkir dan shuttle bus yang berada di kawasan JIEXPO Kemayoran.

Lebih lanjut, Jakarta E Prix juga menyediakan tiket untuk kategori Grand Stand. Pada kategori ini, penonton dapat melihat area sirkuit secara langsung dan duduk di kursi serta tertutup atap.

Selain itu, penonton dapat menikmati hiburan lainnya seperti akses ke Alianz E-Village, circuit festival hingga berekreasi di Ancol, kecuali Faunalan dan Gondola.

Sementara itu, untuk kategori VVIP dan VIP Jakarta E-Prix menyiapkan lima kategori dengan lokasi-lokasi yang premium dan privat, yakni di Ombak Laut Suite dengan harga tiket Rp2 juta, Jimbaran Suite Rp3 juta, Segarra Suite Rp3 juta, Jakarta Deluxe Suite Rp7,5 juta, hingga Jakarta Royal Suite seharga Rp10 juta.

"VVIP dan VIP para penonton akan menyaksikan balapan melalui kursi terbaik dari the view area tepat di depan lintasan," imbuhnya.