Panas Super Ekstrem di India Bikin Burung Berjatuhan dari Langit
Photo by Patrick Beznoska on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Gelombang panas di India bisa bikin suhu di negeri itu tembus hingga 49,2 derajat Celsius di beberapa bagian ibu kota, New Delhi. Dan ini yang membuat burung-burung bisa ambruk ke tanah jatuh dari langit.

Ini bukan cerita di film-film India. Tapi ini adalah kenyataan.

Tim penyelamat di negara bagian Gujarat barat India bergegas mengevakuasi lusinan burung yang kelelahan dan dehidrasi akibat jatuh dari langit saat gelombang panas menyapu kota itu, seperti dikutip dari Euro News, Senin 16 Mei.

Dokter di rumah sakit hewan yang dikelola oleh Jivdaya Charitable Trust nirlaba di Ahmedabad mengatakan mereka telah merawat ribuan burung dalam beberapa minggu terakhir. Dan hampir setiap hari, tim penyelamat membawa lusinan burung seperti merpati atau layang-layang setiap hari.

Pejabat kesehatan di Gujarat telah meminta rumah sakit hewan untuk mendirikan bangsal khusus untuk serangan panas.

"Tahun ini adalah salah satu yang terburuk dalam beberapa waktu terakhir. Kami telah melihat peningkatan 10 persen dalam jumlah burung yang perlu diselamatkan," ucap Manoj Bhavsar, salah satu tim penyelamat.

Dokter hewan di rumah sakit memberi makan burung dengan tablet multi-vitamin. Mereka juga menyuntikkan air ke dalam mulut dengan menggunakan jarum suntik.

Pemerintah juga sedang meneliti untuk mempercepat masuk anak-anak sekolah supaya lebih cepat pulang. Jadi masuk sekolah akan bisa lebih pagi dan aktivitas yang ada di luar ruangan masih tetap bisa dilakukan.

India juga mempertimbangkan membolehkan para siswa menggunakan baju dengan bahan katun dengan warna cerah untuk memantulkan sinar. Termasuk memastikan para guru tahu SOP yang dilakukan ketika mendapati seorang siswa terkena gelombang panas.