Bagikan:

JAKARTA - Istri Presiden Amerika Serikat (AS) Melania Trump dilaporkan membatalkan jadwal tampil dalam kampanye sang suami, Donald Trump. Melania mengaku alami gangguan kesehatan dan tengah dalam pemulihan COVID-19. Memang, melihat histori, Melania bagai bukan hidup untuk tampil dalam kampanye, membedakan dirinya dari anggota keluarga Trump yang lain.

Melansir CNN, Rabu, 21 Oktober, Melania sebelumnya telah ditetapkan bergabung dengan kampanye Trump di Pennsylvania pada Selasa, 10 Oktober malam. Tetapi dia memutuskan untuk tidak mengikuti kampanye tersebut.

"Nyonya Trump terus merasa lebih baik setiap hari setelah sembuh dari COVID-19, tetapi dengan batuk yang berkepanjangan, dan karena sangat berhati-hati, dia tidak akan bepergian hari ini," kata Stephanie Grisham, kepala staf ibu negara.

Kampanye tersebut sebenarnya akan menjadi penampilan langsung pertama ibu negara di acara kampanye, di luar pidatonya di Konvensi Nasional Partai Republik pada Agustus di Gedung Putih. Melania muncul terakhir kali pada Juni dalam pembukaan pemilu secara resmi di Florida.

Melania sebelumnya menulis sebuah penjelasan pada minggu lalu terkait gejala COVID-19 yang dia alami, "menghantam saya sekaligus dan itu tampak seperti roller coaster." Dia menggambarkan mengalami nyeri tubuh, batuk, sakit kepala, dan merasa sangat lelah.

Secara historis, Melania Trump bukanlah seseorang yang aktif menghadiri kampanye terbuka. Ia menghindari penampilan secara publik, sementara perwakilan Trump lainnya yang juga anggota keluarga Trump, menjelajahi negeri.

Di seluruh siklus Pemilu 2016 pun Melania Trump hanya memberikan sedikit pidato. Ia menyampaikan pidato di Pennsylvania, lima hari menjelang Pemilu 2016 dan terjadi setelah beberapa bulan absen dari kampanye.

"Saya seorang imigran, dan izinkan saya memberi tahu Anda bahwa tidak ada yang lebih menghargai kebebasan dan peluang Amerika selain saya," kata Melania pada saat itu, setelah diperkenalkan oleh istri Mike Pence, Karen Pence, juru kampanye aktif pada 2016 dan 2020.

Pada 2016, yang paling dilihat publik tentang calon ibu negara mereka adalah kehadirannya di debat presiden, sesuatu yang juga dilakukan Melania kali ini. Dia menghadiri debat Trump melawan Joe Biden di Ohio dan dia diharapkan menghadiri debat presiden terakhir 2020 pada Kamis 22 Oktober di Nashville, Tennessee.

Jika pada Melania Trump terlihat ragu-ragu, tahun 2020 membuktikan bahwa Melania Trump tetap ambivalen. Hal ini terbukti dengan anak-anak tirinya yang lebih aktif berkampanye dan menjadi tuan rumah acara kampanye selama beberapa minggu terakhir di negara-negara bagian penting di medan pertempuran.

Dengan beberapa nama besar pengganti Partai Republik di luar keluarganya, dan kurangnya partisipasi dari istrinya, anak-anak Trump melakukan sebagian besar pembicaraan dengan para pemilih. Minggu ini, Ivanka Trump akan singgah di Michigan, Wisconsin, Carolina Utara dan Florida. Sementara Eric Trump menuju ke New Hampshire dan Michigan, dan sang istri, Lara Trump, pergi ke Nevada dan Arizona. Donald Trump Jr. akan menghadiri acara di Carolina Utara dan Pennsylvania.