Tinggalkan Washington DC, Donald Trump Disambut Pendukungnya di Florida
Donald Trump. (Instagram/realdonaldtrump)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump membuktikan ucapannya, untuk tidak hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Kamala Harris, Rabu 20 Januari waktu setempat.

Trump memilih untuk meninggalkan Gedung Putih dengan menggunakan Helikopter Marine One, untuk menuju ke Pangkalan Udara Militer Andrews. Di sini, Trump sempat memberikan pidato kepada para pendukungnya yang hadir di sana.

"Ini empat tahun yang luar biasa, kami telah mencapai banyak hal bersama. Terima kasih kepada keluarga, teman, dan staf. Apa yang kami lakukan luar biasa dengan standar apa pun.” katanya, melansir theguardian.

"Saya pikir mereka (Pemerintahan Joe Biden-Kamala Harris) akan sukses besar. Mereka memiliki dasar untuk melakukan sesuatu yang sangat spektakuler," lanjut Trump.

Trump pun kemudian berterima kasih para anggota Kongres yang telah membantu jalannya pemerintahan selama empat tahun terakhir. Ia menutup pidatonya dengan berkata sampai jumpa lagi.

"Semoga hidup Anda menyenangkan. Kami akan menjumpai Anda kembali," tutup Trump yang didampingi sang istri, Melania. 

Keduanya lantas menaiki pesawat Kepresidenan Air Force One yang membawanya terbang ke Florida, dimana Trump akan menghabiskan hari-harinya setelah tidak lagi menjadi Presiden AS.

Tiba di Florida, Trump disambut oleh ratusan pendukung setia, yang berbaris di rute dari bandara hingga ke Palm Beach, dimana kediaman yang akan ditempati Trump dan Melania, Mar-a-Lago berada.

Sebagian besar tanpa mengenakan masker dan minim menerapkan jarak sosial. Mereka ada yang mengenakan topi Trump, mengibarkan bendera, dan membawa tanda-tanda dengan slogan-slogan termasuk 'Still my president' dan 'Trump 2024'.