Waduh! Sipir Rutan Salemba Terima Paket dari Ojol, Isinya Ganja Kering
Ilustrasi ganja kering/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Sepanjang tahun 2021 hingga 2022 permasalahan narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Jakarta belum tuntas. Kali ini tiga orang petugas sipir Rutan Salemba, Jakarta Pusat berhasil menggagalkan penyelundupan ganja kering seberat satu ons yang dikemas dalam bibit daun teh.

Penyelundupan daun ganja kering ini diduga kuat ditujukan untuk seorang narapidana yang masih mendekam di Rutan Salemba. Penyelundupan tersebut dilakukan menggunakan jasa pengemudi ojek online (ojol).

Aksi penyelundupan narkoba ke dalam Rutan Salemba itu juga terekam kamera pengawas CCTV. Dari video itu, seorang pengemudi ojol datang dengan membawa sebuah paket yang langsung diserahkan ke petugas sipir Rutan.

Setelah barang tersebut di scan sinar X-Ray, petugas kembali lakukan pemeriksaan. Saat diperiksa, ternyata paket itu berisi ganja kering seberat satu ons yang dikemas bersama bibit daun teh. Sayangnya, tidak ada nama pengirim atau penerima yang tertera pada kotak paket.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta Ibnu Chuldun mengatakan, pihaknya terus berkomitmen mewujudkan Lapas dan Rutan bersih dari narkoba.

"Ketiga pegawai Rutan Kelas I Jakarta Pusat yang berprestasi dalam menggagalkan penyelundupan narkoba berhak mendapatkan penghargaan. Saya salut dan hormat kepada seluruh petugas Salemba yang bekerja sangat baik," kata Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun kepada VOI, Rabu, 18 Mei.