Tidak Biasa, Sahur di Pantai ala Badui Arab hingga Buka Puasa dengan Singa di Abu Dhabi Ini Sayang Dilewatkan
Buka puasa dengan singa di Al Ain Zoo. (Sumber: DCT Abu Dhabi)

Bagikan:

JAKARTA - Bosan dengan suasan santap sahur atau berbuka puasa Ramadan yang itu-itu saja? Jika memiliki kesempatan, cobalah tujuh rekomendasi pengalaman sahur hingga buka puasa yang tidak biasa di Uni Emirat Arab (UEA).

Untuk membantu menjadikan bulan suci lebih istimewa, tahun ini, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Abu Dhabi, UEA telah menciptakan sejumlah pengalaman unik untuk buka puasa dan sahur.

Ketujuh pengalaman ini diperuntukkan bagi para pecinta binatang, penggemar arsitektur, hingga mereka yang memang mencari pengalaman berbeda yang tidak biasa namun berkesan.

Melansir The National News 11 April, berikut ketujuh pengalaman sahur dan berbuka puasa tidak biasa yang bisa Anda coba di Abu Dhabi:

1. Buka Puasa Bersama Singa di Kebun Binatang Al Ain

al ain zoo
Buka puasa dengan singa di Al Ain Zoo. (Sumber: DCT Abu Dhabi)

Kebun Binatang Al Ain menawarkan kesempatan unik untuk menikmati buka puasa bersama singa-singanya.

Kegiatan ini dimulai pukul 17.30 waktu setempat, dengan tur matahari terbenam oleh Al Ain Safari yang membawa pengunjung berkeliling kebun binatang sebelum mengantarkan tamu ke buka puasa, yang didirikan di sebelah kandang singa.

Satu set menu ditawarkan dan tersedia untuk mereka yang berusia di atas 12 tahun, dan untuk kelompok yang terdiri dari empat hingga 12 orang. Reservasi harus dilakukan setidaknya 48 jam sebelumnya.

Layanan ini berakhir tepat pukul 20.00 waktu setempat. Harganya, sekitar 840 dirham atau sekitar Rp3.285.616

2. Buka Puasa Bersama Gajah dan Jerapah di Emirates Park

emirates park
Buka puasa dengan jerapah di Emirate Park Zoo (Sumber: Emirate Park Zoo)

Jika singa terdengar terlalu ganas, mengapa tidak menikmati malam bersama jerapah, berkat Kebun Binatang Emirates Park. Tempat ini menawarkan pengalaman buka puasa selama dua jam mulai pukul 18:30, memberi pengunjung kesempatan untuk tidak hanya mengagumi makhluk ini dari dekat, tetapi juga memberi makan herbivora yang lembut.

Ini terbuka untuk kelompok hingga lima orang dan juga memberikan akses sehari penuh ke kebun binatang, bagi mereka yang ingin menghabiskan hari itu, serta pemandu wisata gratis dan pengalaman bermain drum Afrika.

Ada juga pilihan untuk berbuka puasa dengan gajah. Pada pukul 18.30 setiap malam, ada set menu buka puasa yang tersedia di area gajah. Pengalaman datang dengan ceramah pendidikan tentang pachyderms yang menarik ini, dan bahkan kesempatan untuk berinteraksi dan memberi makan, mereka.

Hingga 12 orang dapat terlibat dan, seperti pengalaman jerapah, tiket juga menyediakan akses sehari penuh ke kebun binatang dan sesi drum Afrika.

Iftar dengan jerapah dikenakan biaya 1.785 dirham atau Rp6.981.935 per kelompok yang terdiri dari lima orang. Sedangkan iftar dengan gajah dapat dinikmati dengan biaya 250 dirham atau Rp977.862 per orang, untuk maksimal 12 orang.

3. Buka Puasa di Louvre Abu Dhabi

louvre abu dhabi
Buka puasa di Louvre Abu Dhabi, UEA. (Sumber: Louvre Abu Dhabi)

Pencinta seni akan menikmati kesempatan untuk bersantap di museum bergengsi ini dan di bawah kubah indah Jean Nouvel, karena dua tempat telah membuka pintu mereka untuk berbuka puasa.

Fouquet's Abu Dhabi menawarkan tiga hidangan Emirati dan Prancis, sementara Art Lounge menawarkan makanan ringan di lokasi atapnya. Buka dari matahari terbenam sampai jam 10 malam.

Untuk harganya, Abu Dhabi Fouquet dikenakan biaya 390 dirham atau Rp1.525.464 per orang, dan Art Lounge adalah a la carte.

4. Buka Puasa dan Sahur Beratapkan Bintang di Jebel Hafit Desert Park

Jebel Hafit Deser Park
Buka puasa di Jebel Hafit Desert Park. (Sumber: Jebel Hafit Desert Park)

Nikmati makan di bawah bintang-bintang di Jebel Hafit Desert Park, mulai pukul 19:00 sepanjang Ramadan, di Hafit Foothills Lounge by Pura. Penawaran untuk buka puasa dan sahur ditawarkan dengan latar belakang Jebel Hafit yang menakjubkan.

Nikmati lingkungan sekitar di Pura Eco Retreat, Taman Gurun Jebel Hafit, saat buka puasa mulai pukul 19.00 dan sahur mulai pukul 21.00.

Bagi mereka yang ingin memanfaatkan malam sebaik-baiknya, mengapa tidak "berpesta" di gelembung langit atau kubah langit-langit, dan menikmati api unggun yang dimulai pukul 9 malam setiap malam?

Penawaran menginap Ramadhan dengan buka puasa atau sahur dimulai dari 845 dirham atau sekitar Rp3.305.173.

5. Sahur Ramadan ala Badui di Pantai Pulau Saadiyat

pulau saadiyat
Sahur di pantai Saadiyat Island. (Sumber: Park Hyatt Abu Dhabi)

Terletak di Pulau Saadiyat, menawarkan lingkungan yang tenang, jauh dari kota. Selama sebulan penuh, Park Hyatt Abu Dhabi Hotel and Villas mengadakan sahur di Pantai dengan makanan gourmet, teh dan shisha.

Program ini ditawarkan mulai dari pukul 21.00 hingga pukul 01.00 waktu setempat, termasuk termasuk hiburan musik Arab langsung dengan pertunjukan oud atau qanun. Untuk menikmati layanan ini, Anda disarankan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu sebelumnya.

Sahur dihargai 495 dirham atau sekitar Rp1.936.166, dengan 300 dirham atau sekitar Rp1.173.434 harga awal untuk shisha.

6. Sahur di Alam Terbuka Menghadap Masjid Agung Sheikh Zayed

masjid agung sheikh zayed
Sahur dengan pemandangan Masjid Agung Sheikh Zayed, The Ritz-Carlton Abu Dhabi, Grand Canal. (Sumber: Ritz-Carlton Abu Dhabi)

Ritz-Carlton Abu Dhabi, Grand Canal, menawarkan sahur di luar di halaman rumputnya, menghadap Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi. Buka dari jam 9 malam sampai jam 2 pagi setiap malam dengan menu a la carte khas Timur Tengah dan rasa shisha yang berbeda, semuanya ditawarkan dalam pengaturan bergaya lounge di udara terbuka.

Bagi mereka yang lebih menyukai privasi, tersedia juga berbagi cabana. Untuk dapat menikmati layanan di sini, Anda harus bertransaksi minimal 200 dirham per orang atau sekitar Rp782.289

7. Buka Puasa Sambil Berlayar di Corniche Abu Dhabi

corniche abu dhabi
Buka puasa sambil berlayar di Abu Dhabi Corniche. (Sumber: Royal Yacht)

Ingin merasakan sensasi berbuka puasa di atas air? Pilihlah pelayaran di sepanjang Abu Dhabi Corniche, nikmati suasana dan cakrawala kota yang mengesankan.

Layanan ini ditawarkan oleh Royal Yacht dan termasuk prasmanan internasional terbuka, serta jus dan manisan tradisional Ramadan.

Pengalaman ini berlangsung selama satu jam, antara 18:30 dan 19:30 setiap hari selama Ramadan. Pelayaran dimulai di Marina Mall, lalu berlayar di sepanjang Corniche dan Mina sebelum kembali dengan sendirinya.

Untuk dapat menikmati layanan berbuka puasa sambil berlayar ini, Anda dikenakan biaya 120 dirham atau sekitar Rp469.373 per orang.

Tertarik mencoba ketujuh pengalaman tidak berbeda ini?