Sederet Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Saat Sahur
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Ada sederet makanan dan minuman yang sebaiknya tak dikonsumsi saat sahur sebab makanan tersebut bisa menganggu puasa Anda. Di antaranya adalah minuman yan mengandung kafein, yaitu teh dan kopi.

"Kopi sebaiknya sesudah berbuka, karena kopi ini sifatnya diuretik menyebabkan kita lebih banyak buang air kecil. Biasanya tubuh akan kurang cairan, ini sulit kalau sedang berpuasa," kata dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Raissa E Djuanda dalam diskusi via daring belum lama ini.

Selain itu, tambahnya, minuman mengandung kafein juga bisa mengarah pada insomnia dan kegelisahan.

Sementara itu, melansir dari Arabian Gazette, ahli diet klinis dari Burjeel Hospital Abu Dhabi, Rahma Ali mengatakan, makanan yang mengandung kabohidrat sederhana juga tak disarankan dikonsumsi saat sahur. Makanan seperti ini hanya bertahan selama 3-4 jam serta rendah nutrisi. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana di antaranya kue kering, croissant, yang mengandung gula dan tepung terigu. 

Kemudian, saat sahur sebaiknya menghindari makanan asin. Ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh bisa membuat kamu mudah haus saat berpuasa. Karenanya, kurangi makanan seperti kacang asin, keripik.

“Penting selama bulan Ramadan untuk berbuka puasa dan sahur dengan diet seimbang yang memastikan kebutuhan nutrisi penting tubuh Anda terpenuhi. Ini termasuk natrium dan kalium yang hilang karena berkeringat, terutama selama musim panas," kata Ali.

Sebaliknya, saat sahur, baiknya konsumsi makanan kaya protein seperti telur. Telur bisa membuat Anda tetap kenyang beberapa waktu dan mudah diolah. 

Selain itu, makanlah hidangan kaya serat. Serat larut berubah menjadi gel di perut dan memperlambat pencernaan. Ini dapat membantu menurunkan kolesterol dan glukosa darah. Serat juga bisa menjadi energi selama Anda berpuasa. 

Cobalah memilih makanan mengandung kalsium dan vitamin. Produk-produk susu adalah sumber nutrisi yang baik. Pilih smoothie yoghurt atau pilih vanilla dan milk shake madu agar tetap penuh dan terhidrasi sepanjang hari.