10 Hari Pertama Ramadan 2022, Masjid Nabawi Didatangi Lebih dari 6 Juta Jemaah
Masjid Nabawi. (Wikimedia Commons/Tasnim News Agency/Hamed Jafarnejad)

Bagikan:

JAKARTA - Masjid Nabawi di kota Madinah, Arab Saudi didatangi 6.398.502 jemaah selama 10 hari pertama Ramadan 1443 Hijriah, kata para pejabat pada Hari Rabu.

Sementara, sekitar 132.345 jemaah juga dapat sholat di dalam Al Rawdah Al Sharifah, menurut Departemen Urusan Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Pihak Departemen mengatakan, mereka telah mendistribusikan lebih dari 1.285.543 botol air Zamzam kepada pengunjung Masjid Nabawi, dan menyediakan lebih dari 1.299.510 makanan kemasan untuk orang-orang yang berpuasa.

"Kepresidenan ingin memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan jamaah untuk berkontribusi pada pengembangan sistem layanan yang diberikan untuk mencapai aspirasi kepemimpinan Kerajaan," kata pernyataan itu, melansir The National News 13 April.

Menariknya, baik Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah, keduanya telah dilengkapi dengan salinan teks terjemahan Al-Qur'an.

Langkah itu "mengkonfirmasi pesan peradaban dan peran perintis global dari dua tempat suci, yang diarahkan oleh kepemimpinan bijaksana negara itu," menurut kantor berita negara.

Masjid Nabawi
Jemaah di Masjid Nabawi. (Wikimedia Commons/Tasnim News Agency/Hamed Jafarnejad)

Sebanyak 82 layar digital multi-bahasa telah dipasang di dalam Masjidil Haram dan aulanya, untuk menampilkan arahan, dengan simbol yang disetujui secara global ditambahkan untuk membantu penyampaian informasi secara visual kepada jamaah.

Layar beroperasi sepanjang waktu, menyajikan informasi tentang situs terpenting di dalam Masjidil Haram, seperti jalur tawaf (mengelilingi Ka'bah) dan Masaa (perjalanan antara dua gunung Safa dan Marwa).

Ini juga menampilkan Hadits (sabda Nabi Muhammad) dan doa-doa yang bisa dibaca di awal dan akhir ibadah, selain mendidik pengunjung tentang masalah kesehatan dan keamanan.

Diketahui, Ramadan adalah bulan kesembilan dan paling suci dalam kalender Islam. Hal ini juga diyakini sebagai bulan Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Muslim berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam setiap hari dalam sebulan, yang biasanya 29 atau 30 hari.