Kawasan Monas Gerimis, Massa Aksi Demo 21 April Belum Terlihat
Suasana kawasan Monas Jakarta sebelum Demo 21 April/ Foto: Diah/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kawasan Monumen Nasional dan Istana Negara, Jakarta Pusat, menjadi salah satu lokasi aksi unjuk rasa mahasiswa dan buruh pada hari ini, Kamis, 21 April.

Berdasarkan pemberitahuan yang diterima Polda Metro Jaya, peserta aksi akan tiba di lokasi pukul 10.00 WIB. Namun sampai pukul 11.20 WIB, belum ada massa yang hadir. Akses jalan dari kawasan Patung Kuda menuju Istana Negara juga belum ditutup.

Sementara itu, gerimis masih menyelimuti kawasan Monas, setelah hujan yang turun sejak pagi tadi. Sebagian pengendara motor menggunakan jas hujan untuk melindungi mereka dari kebasahan, sebagian lagi menerobos gerimis dan membiarkan pakaian mereka lembab.

Di Jalan Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Utara, Medan Merdeka Selatan, hingga MH Thamrin, lalu lintas cukup padat namun tak merayap.

Aparat kepolisian sudah bersiaga sejak pagi. Mobil water canon dan barakuda juga sudah diparkir di dekat lokasi aksi. Kawat berduri pun telah diletakkan di tepi jalan untuk nantinya akan direntangkan menutup akses menuju Istana Negara.

Sebanyak 9.915 aparat gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengawal aksi unjuk rasa mahasiswa dan buruh di kawasan Istana Negara atau Monas dan DPR RI pada hari ini.


Diperkirakan, peserta demonstrasi pada hari ini berjumlah antara 800 hingga 1.200 orang. Estimasi ini diperhitungkan berdasarkan tujuh surat pemberitahuan aksi yang diterima Polda Metro Jaya.

Dalam penjangaan aksi hari ini, Polda Metro Jaya akan melakukan filterisasi terhadap peserta aksi. Filterisasi ini bertujuan untuk mendeteksi massa dan mencegah penyusup bergabung dalam elemen barisan peserta aksi.

Nantinya, kelompok massa yang akan menuju lokasi aksi akan diminta memperlihatkan surat pemberitahuan kegiatan unjuk rasa, sebelum akhirnya diperbolehkan masuk ke lokasi titik kumpul mereka.q

Sebagai informasi, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) berencana menggelar aksi unjuk rasa, pada hari ini.

Polda Metro Jaya bakal menerapkan skema lalu lintas saat aksi unjuk rasa mahasiswa di kawasan Istana Negara dan DPR/MPR. Dalam skema itu beberapa ruas jalan pun ditutup.