Ratusan Pendemo di Patung Kuda Monas Bubar saat Hujan Deras, Giliran PPSU yang Bekerja
Aksi massa mulai bergeser meninggalkan lokasi karena hujan deras/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Tepat pukul 16.53 WIB, ratusan massa aksi unjukrasa dari berbagai elemen berangsur mulai meninggalkan kawasan Patung Kuda Monas, Jakarta Pusat, Senin 11 April, sore. Selain batas jam waktu demo sudah selesai, kondisi cuaca di kawasan Patung Kuda, Monas, juga berangsur mendung dan terlihat gelap.

Ratusan massa dari berbagai kelompok organisasi itu bergerak longmarch ke arah Tugu Tani, Menteng.

Massa bergerak mundur ke arah Tugu Tani ditengah guyuran hujan gerimis di kawasan Patung Kuda Monas.

Seiring mundurnya para peserta aksi, salah satu mobil komando memutarkan lagu darah juang.

"Ayo kawan-kawan tetap berkumpul satu komando. Kita berjalan bersama jangan ada yang tercecer," kata salah satu orator dari mobil komando.

Sementara sebagian massa lainnya sudah lebih dulu bergeser dari Patung Kuda Monas ke Gedung DPR-MPR RI sejak Senin 11 April, siang.

Menurut keterangan Dharma, salah satu petugas PPSU Kelurahan Gambir, biasanya sampah yang tercecer sisa para peserta unjukrasa sebagian besar dari plastik dan sampah bekas bungkus makanan.

"Hari ini ada 52 orang PPSU yang bersihkan sampah pasca aksi unjukrasa di Patung Kuda, Monas. Sampah banyak dari plastik dan bekas makanan," tutupnya.

Namun pada pukul 17.12 WIB, sekelompok mahasiswa kembali muncul dari arah Balaikota DKI. Mereka longmarch merangsek ke depan pagar kawat berduri arah Istana Negara.