Berapa Banyak Sampah Hasil Demo 11 April yang Berhasil Dikumpulkan dari Monas dan Senayan?
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengumpulkan 13 meter kubik atau sekitar 4,59 ton sampah dari dua lokasi demo 11 April, Kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

"Kebanyakan sampah plastik," kata Humas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Yogi Ikhwan di Jakarta, Selasa 12 April dinukil dari Antara.

Jumlah sampah yang dikumpulkan itu setara dengan dua truk sampah. Namun jumlah sampah itu lebih sedikit dibanding unjuk rasa yang lain.

Dia menduga karena saat ini bertepatan dengan bulan Ramadan 1443 Hijriah

Apabila dibandingkan ketika unjuk rasa Undang-Undang Cipta Kerja pada Selasa 13 April tahun lalu, jumlah sampah yang dikumpulkan sebanyak 17,5 ton atau setara 47 meter kubik (m3).

"Bertepatan bulan puasa juga, kalau biasanya sisa-sisa nasi kotak," katanya.

Dia mengatakan, penanganan sampah dilaksanakan oleh ratusan pasukan Oranye dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Lokasinya di Patung Kuda hingga Jalan Medan Merdeka Selatan di kawasan Monas dan di DPR/MPR/DPD RI.

Para petugas kebersihan menyisir sejumlah titik di dua lokasi unjuk rasa sejumlah elemen masyarakat itu. Itu dilakukan setelah massa bubar.

Mereka membawa kantong untuk memungut sampah dan menyapu jalanan agar jalan raya kembali bersih setelah aksi unjuk rasa.

Sejumlah truk sampah dikerahkan termasuk kendaraan penyapu otomatis.

Para petugas bekerja hingga malam hari meski Jakarta pada Senin (11/4) sore hingga malam diguyur hujan lebat.