Bandingkan Demo 1998 Jatuhkan Soeharto dengan Aksi Mahasiswa 2022 Tumbangkan Ade Armando, Denny Siregar Diserang Cipta Panca: Banyakin Baca Berita Ya!
Politikus Demokrat Cipta Panca Laksana dan Denny Siregar (kanan). (Facebook Instagram pribadi)

Bagikan:

JAKARTA - Politikus Demokrat Cipta Panca Laksana meluruskan perkataan Denny Siregar yang menyebut demonstrasi mahasiswa tahun 2022 telah menumbangkan Ade Armando. Menurut Cipta, pernyataan pegiat media sosial itu keliru.

Cipta mengatakan luka-luka yang dialami Ade bukan diakibatkan dari perbuatan para mahasiswa yang menggelar aksi di depan Kompleks Parlemen Senayan Jakarta pada Senin 11 April.

Hal itu telah ditegaskan Polri bahwa Ade Armando bonyok akibat dikeroyok sekelompok orang yang menyusup dalam aksi mahasiswa menolak perpanjangan masa jabatan presiden. Dia meminta Denny tidak asal ngecap dan lebih banyak lagi membaca perkembangan berita.

"Clear ya @Dennysiregar7 bukan mahasiswa pelaku pengeroyokan kawan loe AA [Ade Armando]. Banyakin baca berita ya," kata Cipta lewat akun Twitternya, @panca66, Rabu 13 April.

Sebelumnya, Ade Armando mengalami pengeroyokan oleh sekelompok orang di tengah aksi massa mahasiswa di depan gedung DPR pada Senin 11 April sore. Celana yang dipakainya juga dilucuti.

Ade tak berdaya menjadi bulan-bulanan sekelompok orang terbaring di depan rumah wakil rakyat. Dia akhirnya diamankan polisi serta mahasiwa ke dalam gerbang DPR.

Mengetahui sahabatnya terkena musibah, Denny Siregar mengecek kondisi terkini Ade. Dia memastikan Ade dalam keadaan baik-baik saja.

Denny mengunggah foto yang memperlihatkan Ade telah menjalani perawatan di rumah sakit. Bahkan Ade sudah bisa dijenguk oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie pada Senin 11 April malam.

Dalam keterangan unggahan foto itu, Denny mendoakan kesembuhan Ade sekaligus membandingkan demonstrasi 11 April dengan unjuk rasa era 1998.

"Demo mahasiswa 98 berhasil menumbangkan Soeharto. Demo mahasiswa 2022 cuman berhasil menumbangkan seorang Ade Armando," tulis keterangan foto dalam akun Instagram Denny.

Terpisah, Sekretaris Pergerakan Indonesia untuk Semua (PIS), Nong Darol Mahmada mengatakan, Ade Armando sebenarnya datang berbaur dengan massa demonstran di depan gedung DPR hanya untuk membuat konten YouTube.

Dia bilang momen demo di depan gedung DPR Jakarta sengaja dikunjungi Ade dan timnya untuk membuat konten YouTube Pergerakan Indonesia untuk Semua (PIS).

Nong menampik kedatangan Ade ke lokasi demo lantaran menyuarakan tuntutan yang sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI).

Dia menegaskan Ade datang ke lokasi demo bukan untuk menolak penundaan pemilihan umum atau presiden tiga periode.

"Salah satu gerakan PIS itu membuat konten dan acara aksi tadi itu akan dijadikan salah satu konten untuk Pergerakan Indonesia untuk Semua (PIS) gerakan. Jadi nggak benar yang dibilang oleh salah satu akun di medsos bahwa Bang Ade ikut-ikutan itu nggak benar, karena memang ada tujuannya untuk ikutan dalam aksi tadi siang," ujar Nong secara virtual, Senin 11 April.