Bekas Lumpur di Sirkuit Formula E Sudah Diaspal, Gerindra: Semoga Giring Tidak Terperosok Lagi
Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Syarif (Foto Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Syarif meninjau pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Jalur sirkuit sudah selesai diaspal pada lapisan pertama. Kini, sedang dilakukan pengaspalan lapisan kedua.

Syarif juga meninjau pengerjaan pembangunan sirkuit di di zona 5. Zona ini diketahui memiliki kesulitan pengerjaan yang cukup tinggi karena berada di tanah bekas pembuangan lumpur.

Bahkan, beberapa waktu lalu sebelum pengaspalan dimulai, Ketua Umum PSI Giring Ganesha pernah terperosok saat meninjau zona ini.

Namun sekarang, Syarif mengaku yakin lapisan aspal ini sudah cukup kuat menjadi lintasan balap mobil listrik. Bahkan, Syarif berkelakar bahwa Giring tak akan lagi terperosok saat kembali meninjau kawasan ini.

"Ya, mudah-mudahan (Giring) tidak terperosok lagi. Ini jalannya sudah mulus, rapi, siap digunakan (untuk balapan Formula E) dan menghibur masyarakat," kata Syarif saat ditemui di lokasi, Jumat, 25 Maret.

Bahkan, kalau diperlukan, Syarif akan mengundang Giring untuk kembali melihat penampakan pembangunan sirkuit Formula E.

"Ya, saya undang, insyaallah," tuturnya.

Lebih lanjut, Syarif menuturkan pembangunan sirkuit dan sarana lainnya akan selesai pada bulan Mei mendatang. Berdasarkan keterangan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Syarif menyebut pembangunan sirkuit sedikit molor beberapa hari karena kendala cuaca.

Pembangunan sirkuit itu sendiri dimulai sejak 3 Februari 2022. Saat ini, progres pengaspalan sirkuit balapan mobil listrik dari zona 1 sampai 5 sudah mencapai 87 persen. Para pekerja masih melakukan pengerjaan lapisan kedua aspal sirkuit.

"Hari ini kita meninjau (pembangunan sirkuit Formula E). Perkiraan saya 1 Mei sudah selesai semuanya, 100 persen. Artinya, target itu sebelumnya tutup bulan ini, agak mundur dikit 2 sampai 3 hari karena ada review dari panitia. Sekitar awal April sudah selesai," ucap Syarif.

Setelah sirkuit selesai dibangun, PT Jakpro akan memulai pemasangan tribun, paddock atau garasi tim balap, drainase, serta sarana lainnya sampai awal Mei 2022.