Bakal Jadi Jagoan Rusia, Kapal Perang Nuklir Rusia Admiral Nakhimov Dibekali Rudal Tsirkon, Kalibr hingga Oniks
Kapal penjelajah rudal bertenaga nuklir Admiral Nakhimov (080). (Wikimedia Commons/Fonduedaviation)

Bagikan:

JAKARTA - Kapal penjelajah rudal bertenaga nuklir Proyek 11442M Admiral Nakhimov, bakal menjadi kapal permukaan paling kuat, jagoan Angkatan Laut Rusia, setela menjalani perbaikan dan peningkatan kemampuan di Galangan Kapal Sevmash sedang dipersiapkan untuk penyerahannya, "kantor pers Galangan Kapal melaporkan.

"Galangan Kapal Sevmash telah mulai menyiapkan dan melatih tim pengiriman untuk kapal Proyek 11442M. Awaknya akan terdiri dari pekerja, pembangun, insinyur penyesuaian dan pengujian, perancang, teknolog, dan spesialis dari profesi lain. Secara keseluruhan, tim pengiriman akan terdiri lebih dari 1.000 orang," kata kantor pers, melansir TASS 17 Februari.

"Setelah semua pekerjaan selesai, kapal perang akan dikerahkan ke laut di mana tim pengiriman dan kru akan memeriksa kapal dalam semua mode operasinya," tambahnya.

Galangan Kapal Sevmash sedang melakukan perbaikan dan peningkatan kapal penjelajah Project 11442M di galangannya. Pekerjaan internal skala besar telah diluncurkan di atas kapal perang: spesialis memasang peralatan, sistem dan rakitan, mengecat dan mengisolasi tempat, kantor pers yang ditentukan.

Spesialis Galangan Kapal akan memuat ke kapal penjelajah dan memasang lebih dari 5.000 item peralatan, serta lebih dari satu juta item yang berbeda. Sekitar 200 km jaringan pipa dan 1.800 km kabel akan dipasang di kapal andalan Armada masa depan.

Semua pekerjaan instalasi listrik sedang dilakukan oleh spesialis perusahaan Arktika. Perancang proyek, Biro Desain Severnoye, telah menciptakan model 3D kapal perang untuk mengerjakan dokumentasi, katanya.

CEO Sevmash Mikhail Budnichenko mengatakan, pekerjaan untuk meningkatkan kapal penjelajah rudal bertenaga nuklir berat Proyek 11442M (nama kode: Orlan) Laksamana Nakhimov berjalan sesuai jadwal. Kepala eksekutif Galangan Kapal mengatakan, kapal perang itu akan dikirim ke Angkatan Laut Rusia pada tahun 2022.

Untuk diketahui, kapal penjelajah rudal bertenaga nuklir berat Admiral Nakhimov telah diperbaiki di Galangan Kapal Sevmash sejak 1999. Pekerjaan nyata di kapal perang telah dilakukan sejak 2013.

Upgrade telah secara substansial meningkatkan kemampuan serangan kapal penjelajah. Secara khusus, kapal perang akan membawa 10 peluncur kapal serbaguna untuk delapan rudal jelajah Kalibr-NK atau Oniks. Dan, Laksamana Nakhimov mampu membawa rudal hipersonik Tsirkon.