Kantongi 458 Suara, Roberta Metsola Terpilih Sebagai Presiden Parlemen Eropa Termuda
Presiden Parlemen Eropa Roberta Metsola (Facebook/Roberta Metsola)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang pengacara konservatif Malta yang menentang aborsi telah terpilih sebagai presiden parlemen Eropa, wanita pertama dalam 20 tahun yang memimpin majelis. Roberta Metsola, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-43 pada Hari Selasa, adalah presiden parlemen Eropa termuda, memenangkan mayoritas yang nyaman untuk menjalani masa jabatan dua setengah tahun.

Seorang mantan pegawai negeri yang pertama kali terpilih pada tahun 2013, dia adalah orang pertama dari Malta, negara anggota terkecil, yang memimpin lembaga UE mana pun. Metsola, seorang anggota partai kanan-tengah Rakyat Eropa (EPP), telah menjabat sebagai presiden sementara, setelah kematian mendadak presiden sebelumnya David Sassoli pekan lalu.

Sebagai favorit untuk menggantikan Sassoli sejak pencalonannya diumumkan musim gugur lalu, kemenangan Metsola tidak pernah diragukan setelah tiga kelompok terbesar parlemen membuat perjanjian untuk mendukungnya pada malam pemungutan suara.

Dia memenangkan 458 dari 690 suara yang diberikan, dengan mudah mengalahkan tiga saingan dari kelompok yang lebih kecil: Hijau, kiri radikal dan nasionalis konservatif.

Sosialis dan Demokrat, kelompok terbesar kedua di belakang EPP, memberikan bobot mereka di belakang Metsola untuk mendapatkan jumlah yang lebih besar dari 14 jabatan wakil presiden. Juga bergabung dengan aliansi adalah kelompok Renew tengah yang dipimpin oleh Stéphane Séjourné, sekutu presiden Prancis, Emmanuel Macron.

roberta metsola
Roberta Metsola (Facebook/Roberta Metsola)

Dukungan dari Renew sangat signifikan, karena beberapa anggota parlemen Prancis telah menyuarakan keraguan tentang sikap anti-aborsi Metsola. Mantan diplomat itu memenangkan keraguan dengan berjanji untuk mewakili posisi parlemen, daripada pandangan pribadinya.

"Posisi saya adalah parlemen Eropa. Dan tentang masalah ini, parlemen Eropa ini, tentang semua hak kesehatan seksual dan reproduksi, tidak ambigu, telah berulang kali menyerukan agar hak-hak ini dilindungi dengan lebih baik," ujarnya kepada wartawan, mengutip The Guardian 18 Januari.

Sebagai wakil presiden parlemen, katanya, dia telah menyampaikan resolusi baru-baru ini yang mengutuk undang-undang anti-aborsi Polandia. "Saya mempromosikannya dan saya mempresentasikannya … Itulah yang akan saya lakukan dengan semua posisi yang diambil di semua area ini di semua negara anggota."

Meskipun ada keraguan, lawan politik yang berhaluan kiri memuji sikap Metsola dalam membela supremasi hukum dan hak-hak migran. Berbicara kepada anggota parlemen, co-pemimpin Partai Hijau, Philippe Lamberts, mengatakan Metsola memiliki "banyak kualitas yang sangat baik".

Dia mencatat ketidaksepakatan mereka tentang aborsi dan hak-hak reproduksi, tetapi "banyak poin kesepakatan juga", tentang demokrasi, supremasi hukum dan pengungsi.

roberta metsola
Roberta Metsola. (Wikimedia Commons/European People's Party)

Sementara itu, Belgian Green MEP mendesak Metsola untuk mereformasi aturan Parlemen Eropa dengan memperkenalkan sistem perwakilan proporsional untuk mengakhiri kesepakatan ruang belakang dalam mengukir posisi teratas.

"Ini bukan proses yang sangat mulia. Karena sekali lagi, ada selera tertentu yang harus dipenuhi dan ini merugikan kelompok-kelompok kecil di parlemen Eropa," ujarnya kepada anggota parlemen.

Lahir pada 1979, Metsola mengatakan aksesi Malta ke Uni Eropa memicu minatnya dalam politik. Negara kepulauan itu bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2004, bersama dengan sembilan negara Eropa lainnya yang sebagian besar tengah dan timur.

Dia lulus dari Kolese Eropa elite di Bruges, tempat pelatihan bagi pejabat Uni Eropa, sebelum bekerja untuk pemerintah Malta di Brussel dan kemudian Komisi Eropa. Seorang ibu dari empat anak, dia menggambarkan dirinya sebagai bagian dari "generasi Erasmus", mengacu pada skema pertukaran pendidikan tinggi UE.

Sampai saat ini, hanya dua wanita yang menjabat sebagai presiden parlemen Eropa, yang berlaku sebagai presiden parlemen. Mantan menteri Prancis Nicole Fontaine memimpin lembaga itu dari 1999-2002. Dia dilanjutkan oleh wanita Prancis lainnya, Simone Veil, seorang penyintas Holocaust dan menteri terkenal, yang memimpin perjuangan untuk memperkenalkan aborsi di Prancis. Kerudung menjalankan parlemen 1979-1982.

Metsola mengatakan dalam pidatonya kepada anggota parlemen di Strasbourg, Prancis, dia berdiri di atas bahu raksasa. Parlemen penting "bagi setiap perempuan di serikat yang masih memperjuangkan hak-hak mereka," sebutnya, tanpa menyebutkan kontroversi mengenai aborsi.

Dia juga merujuk pada dua jurnalis yang dibunuh karena pelaporan investigasi mereka, Daphne Caruana Galizia dari Malta dan Ján Kuciak dari Slovakia, menyatakan "untuk keluarga Daphne dan Ján, perjuangan Anda untuk kebenaran dan keadilan adalah perjuangan kami."