Buru Aset Senilai Rp712 Miliar Milik ISIS, Penyelidik PBB Fokus pada Kamp-kamp Teror Penampungan
Ilustrasi ISIS. (Wikimedia Commons/aharan_kotogo)

Bagikan:

JAKARTA - Penyelidik PBB yakin mereka hampir menemukan peti perang atau aset senilai 50 juta dolar AS, sekitar Rp712.975.000.000 milik ISIS, setelah mengungkap petunjuk yang diperoleh dari penyusupan mengarah ke kamp-kamp yang menampung anggotanya.

Unitad, badan PBB yang menyelidiki kekejaman yang dilakukan oleh ISIS, telah menemukan bukti yang mengidentifikasi 'departemen inti' dari sistem keuangan ISIS.

Tim investigasi, yang dipimpin oleh mantan jaksa kejahatan perang Jerman Christian Ritscher, telah memeriksa lebih dari dua juta keping data dari ponsel yang ditinggalkan di kuburan massal di Irak.

Ia telah bekerja untuk menemukan bukti untuk menuntut ISIS atas kampanye genosida terhadap orang-orang Yazidi, menemukan lebih dari 200 kuburan massal yang berisi sekitar 12.000 korban.

Dalam laporan terbarunya, Unitad mengungkapkan telah mengungkap jejak keuangan ISIS.

"Tim tersebut telah memfokuskan penyelidikan keuangannya pada Bayt Al Mal (Rumah Uang), perbendaharaan pusat ISIS dan departemen inti yang bertanggung jawab atas pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan pemindahan kekayaannya," jelas Ritscher dikutip dari The National News 31 Desember.

isis
Ilustrasi anggota ISIS yang menyerahkan diri berikut persenjataannya. (Wikimedia Commons/VOA/Mirwais Bezhan)

"Melalui pekerjaan ini, tim telah menemukan bukti yang merinci fungsi administrasi internal Bayt Al Mal dan bagaimana tindakan departemen ini secara langsung mendukung kemampuan ISIS untuk melakukan kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan," ungkapnya.

"Lini penyelidikan lebih lanjut telah mengungkapkan bahwa jaringan kepemimpinan senior ISIS juga bertindak sebagai pemodal tepercaya, mengalihkan kekayaan yang dihasilkan melalui tindakan penjarahan, menargetkan berbagai minoritas etnis dan agama di seluruh Irak melalui pencurian dan pengaburan properti, dan membantu dan bersekongkol. dilakukannya kejahatan terhadap kemanusiaan dari penganiayaan," papar Ritscher.

Sementara itu, mantan Duta Besar Inggris dan pemantau terorisme PBB terkemuka Edmund Fitton-Brown mengatakan, perbendaharaan telah merosot sejak teror kelompok ini mencapai puncak.

Dia mengatakan meskipun cadangan telah turun menjadi sekitar 50 juta dolar AS, para penyelidik telah melihat uang mengalir melalui kamp-kamp.

"Kekhawatiran abadi adalah ribuan pejuang ISIS dan anggota keluarga mereka yang tetap dalam tahanan atau di kamp-kamp pengungsi," ujarnya.

"Arus keuangan masuk dan keluar dari fasilitas ini menunjukkan, risiko pendanaan terorisme tetap tinggi," tandasnya.

Al Hol dan Al Roj, kamp yang dijalankan oleh pasukan Suriah-Kurdi, saat ini menampung lebih dari 60.000 orang, dua pertiga dari mereka adalah anak-anak, yang merupakan anggota keluarga yang terkait dengan ISIS.

Ritscher mengatakan, bukti yang menghubungkan beberapa "pemilik bisnis dan operator" untuk aliran keuangan ISIS telah diserahkan kepada pihak berwenang di Irak.

Terpisah, Direktur Proyek Kontra Ekstremisme Hans-Jakob Schindler, yang bekerja di unit Dewan Keamanan PBB yang memantau ISIS dan Al Qaeda, mengatakan kepada The National, dia yakin struktur perbendaharaan kelompok teror itu masih ada meski telah berkurang.

"Selama keberadaan kekhalifahan fisik ISIS, tentu saja ada seluruh struktur administrasi yang berurusan dengan uang yang masuk dan dihabiskan oleh organisasi," tukasnya.

"Struktur ini memiliki tanggung jawab yang tumpang tindih untuk memastikan bahwa uang tidak dicuri dari organisasi. Meskipun demikian, beberapa pemimpin ISIS sebenarnya berhasil mendapatkan uang dari perbendaharaan untuk diri mereka sendiri."

isis
Ilustrasi anggota ISIS yang menyerahkan diri berikut persenjataannya. (Wikimedia Commons/VOA/Mirwais Bezhan)

"Oleh karena itu, tampaknya sangat mungkin ISIS mempertahankan beberapa struktur pusat terorganisir yang berhubungan dengan uang, terlebih sekarang karena sisi fisiknya sudah tidak ada lagi. Seperti yang ditunjukkan oleh tim pemantau Dewan Keamanan PBB, organisasi tersebut terus memiliki aset yang cukup besar dan oleh karena itu diperlukan beberapa kerangka kerja organisasi untuk memastikan bahwa aset ini dilindungi dan dikelola," bebernya.

Schindler mengatakan, masih ada aliran keuangan ke kamp-kamp berisi pejuang ISIS dan keluarga mereka dari pendukung di luar kamp yang kemudian diserahkan kepada kelompok teror.

"Ini tentu bukan pemasukan yang besar bagi ISIS, tetapi ini adalah salah satu aliran keuangan yang masih ada. Selanjutnya, berbagai afiliasi ISIS di luar Irak dan Suriah telah mengembangkan aliran pendapatan mereka sendiri untuk membiayai operasi mereka masing-masing," terang Schindler.

Ritscher mengatakan, Unitad juga telah mencapai 'titik balik potensial' dalam upayanya untuk memberikan keadilan bagi para korban kejahatan ISIS, dan sekarang mungkin untuk membayangkan lanskap baru di mana penjahat yang sebelumnya percaya diri mereka berada di luar jangkauan keadilan bisa menjadi dimintai pertanggungjawaban di pengadilan.

"Jika kita memperkuat persatuan kita dalam mengatasi tantangan yang melekat pada skala kriminalitas ISIS, saya yakin kita memiliki kesempatan untuk mengubah arus dari impunitas menjadi keadilan," tukasnya.

Untuk diketahui, pekerjaan Unitad di Irak kini telah menemukan bukti yang menghubungkan lebih dari 350 pejuang ISIS dengan kejahatan perang. Unit tersebut telah melatih hakim investigasi Irak, dalam mengembangkan berkas kasus untuk penuntutan anggota ISIS atas kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida.