Gibran Minta Maaf Saat Netizen Ini Lontarkan Kritik, 'Ini Wali Kota yang Dikit-dikit Pecat Wong Cilik!'
Instagram @gibran_rakabuming

Bagikan:

JAKARTA - Kritik warga pada pejabat daerah di era keterbukaan informasi merupakan hal yang mudah dilakukan. Warga bisa menyampaikan secara langsung kritik lewat platform media sosial, masukan sekaligus laporan bila menemukan hal-hal yang diduga melanggar ketentuan hukum.

Seperti yang ditunjukan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam menghadapi semburan kritik dari salah satu warganet mengenai sepak terjangnya selama memimpin.

Warganet ini protes pada Gibran yang dinilai suka melakukan pemecatan. Padahal jabatan yang diemban Gibran adalah hasil dari pilihan warga. 

"Ini walkot yg dikit2 pecat wong cilik ya, ingat anda dipilih oleh wong cilik mas, asih tresna kuwi membina," kritik akun dengan nama @BerkahDalem9 langsung ke Twitter Gibran, @gibran_tweet dikutip pada Rabu, 29 Desember. 

Tidak dijelaskan secara rinci oleh @BerkahDalem9 pemecatan yang dimaksud. Namun beberapa waktu lalu, Gibran sempat melakukan pemecatan ke pengemudi Batik Solo Trans (BST) yang kedapatan mengirim pesan tidak sopan kepada salah satu penumpang. 

Terbukanya kasus ini berkat keberanian warga yang berani menyampaikan ke publik mengani isi pecakapan pengemudi dengan korban pelecehan seksual. Bagi Gibran, skorsing tiga hari bagi pengemudi dari pihak manajemen tidak cukup, sehingga wajib dipecat. 

Dengan kritik dari warganet tersebut, Gibran langsung memberikan respons cepat. Alih-alih marah, atau menanyakan secara detail soal kasua pemecatan, putra sulung Presiden Joko Widodo ini memberikan balasan tak terduga. Dengan bahasa yang santun Gibran memberikan ucapan maaf pada si pengkritik. 

"Ya pak. Saya minta maaf," singkat Gibran. 

Warga di aplikasi berlambang burung biru tersebut pun tidak tinggal diam dengan memberikan beragam komentar. Umumnya mereka mendukung Gibran karena sanksi pemecata dilakukan dengan alasan yang kuat. 

"Kok mas gibran minta maaf? pastinya mecat org ada sebabnya & sdh sesuai prosedur tho..," ucap akun @Sintama****

"Klo salah ya dipecat..bukan masalah wong cilik ato bukan...lanjutkan," tegas akun @love_bry ****