Ada Gelombang Varian Omicron, 4.500 Lebih Penerbangan Akhir Pekan Natal di Seluruh Dunia Dibatalkan
Ilustrasi bandara. (Unsplash/Nick Fewings)

Bagikan:

JAKARTA - Maskapai penerbangan komersial di seluruh dunia membatalkan lebih dari 4.500 penerbangan selama akhir pekan Natal, karena meningkatnya gelombang infeksi COVID-19 yang didorong oleh varian Omicron, menciptakan ketidakpastian dan kesengsaraan yang lebih besar bagi pelancong liburan.

Maskapai penerbangan secara global membatalkan setidaknya 2.401 penerbangan pada Hari Jumat, yang jatuh pada Malam Natal dan biasanya merupakan hari yang sibuk untuk perjalanan udara, menurut penghitungan berjalan di situs pelacakan penerbangan FlightAware.com, mengutip Reuters 25 Desember.

Sementara, hampir 10.000 penerbangan lagi ditunda. Situs web juga menunjukkan 1.779 penerbangan Hari Natal dibatalkan di seluruh dunia, bersama dengan 402 lainnya yang telah dijadwalkan pada Hari Minggu.

Lalu lintas udara komersial di Amerika Serikat ke dalam atau ke luar negeri menyumbang lebih dari seperempat dari semua penerbangan yang dibatalkan selama akhir pekan, data FlightAware menunjukkan.

Di antara operator AS pertama yang melaporkan gelombang pembatalan liburan akhir pekan adalah United Airlines dan Delta Air Lines, yang menghapus hampir 280 penerbangan gabungan pada Hari Jumat saja, dengan alasan kekurangan personel di tengah lonjakan infeksi COVID-19.

bandara
Ilustrasi bandara. (Unsplash/Chuttersnap)

Infeksi COVID-19 telah melonjak di Amerika Serikat dalam beberapa hari terakhir karena varian Omicron yang sangat menular, yang pertama kali terdeteksi pada November dan sekarang menyumbang hampir tiga perempat kasus AS dan sebanyak 90% di beberapa daerah, seperti pesisir timur.

Jumlah rata-rata kasus baru virus corona di AS telah meningkat 45% menjadi 179.000 per hari selama seminggu terakhir, menurut penghitungan Reuters.

New York melaporkan lebih dari 44.000 infeksi yang baru dikonfirmasi pada Hari Jumat saja, memecahkan rekor harian negara bagian itu. Sementara, setidaknya 10 negara bagian lain mencatat rekor kasus satu hari baru pada Kamis atau Jumat.

Meningkatnya rawat inap memukul sistem perawatan kesehatan, terutama di Midwest AS, dengan unit perawatan intensif di Indiana, Ohio dan Michigan bersiap untuk yang terburuk bahkan ketika mereka tetap di bawah tekanan dari gelombang sebelumnya dari kasus varian Delta.

Di Inggris, banyak industri dan jaringan transportasi berjuang dengan kekurangan staf karena pekerja yang sakit diisolasi sendiri, sementara rumah sakit telah memperingatkan risiko dampak pada keselamatan pasien.

Satu dari 20 warga London memiliki COVID-19 pekan lalu, angka yang bisa meningkat menjadi satu dari 10 pada awal pekan depan, menurut data yang dirilis pada hari Kamis oleh Kantor Statistik Nasional.

Data pemerintah menunjukkan rekor penghitungan 122.186 infeksi baru secara nasional pada hari Jumat, menandai hari ketiga di mana jumlah kasus yang diketahui telah melampaui 100.000.

Sementara itu, penelitian terbaru menunjukkan varian Omicron menghasilkan penyakit yang lebih ringan, dan tingkat rawat inap yang lebih rendah, daripada varian COVID-19 sebelumnya, pejabat kesehatan telah mempertahankan catatan yang hati-hati tentang prospek tersebut.

"Ada secercah harapan Natal, tapi itu jelas belum pada titik di mana kita bisa menurunkan ancaman serius itu," Jenny Harries, kepala Badan Keamanan Kesehatan Inggris, mengatakan kepada BBC.

Terpisah, Prancis mencatat rekor infeksi COVID-19 lainnya pada Hari Jumat, dengan penghitungan hariannya melebihi 94.000 sementara rawat inap akibat virus mencapai level tertinggi tujuh bulan, mendorong pemerintah untuk mengadakan pertemuan khusus untuk hari Senin yang dapat memicu pembatasan kesehatan masyarakat yang baru.

maskapai
Ilustrasi armada pesawat maskapai penerbangan. (Wikimedia Commons/SounderBruce)

Terlepas dari ketidakpastian dan berita suram di seluruh dunia, jutaan orang Amerika melanjutkan rencana perjalanan melalui musim liburan yang diselimuti pandemi kedua.

Moses Jimenez, seorang akuntan dari Long Beach, Mississippi, terbang ke New York bersama istri dan tiga anaknya, meskipun arus kasus virus corona terbaru memupus harapan mereka untuk menonton pertunjukan Broadway 'Hamilton' atau mengunjungi beberapa museum.

'Hamilton' adalah satu dari selusin produksi yang membatalkan pertunjukan minggu ini karena para pemain dan kru dinyatakan positif COVID-19. Museum dicoret dari rencana perjalanan keluarga karena banyak yang sekarang memerlukan bukti vaksinasi dan dua anak yang lebih kecil tidak memenuhi syarat untuk pengambilan gambar.

Sebaliknya, Jimenez, 33, mengatakan anak-anaknya akan melakukan yang terbaik untuk menjelajahi jalan-jalan dan taman kota, sambil juga melihat kerabat dan teman.

"Kami hanya ingin keluar dari rumah, sungguh, membawa anak-anak ke kota untuk Natal," tutur Jimenez kepada Reuters, Kamis di Bandara LaGuardia New York.

New York berencana untuk secara tajam membatasi jumlah orang yang diizinkan di Times Square untuk perayaan Malam Tahun Baru tahunan di luar ruangan, sebagai tanggapan atas lonjakan kasus virus corona baru, membatasi jumlah peserta 15.000.

Untuk diketahui, Pemerintahan Presiden Biden minggu depan akan mencabut pembatasan perjalanan di delapan negara Afrika selatan yang diberlakukan bulan lalu karena kekhawatiran tentang varian Omicron, sebut Gedung Putih.