Ada Wabah COVID-19, Otoritas Kesehatan Amerika Serikat Selidiki Lebih dari 70 Kapal Pesiar
Ilustrasi kapal pesiar Odyssey of the Seas. (Wikimedia Commons/MichaelBrandSagurna)

Bagikan:

JAKARTA - Lonjakan kasus infeksi COVID-19 membuat setidaknya empat kapal pesiar ditolak untuk berlabuh, atau dilarang mengizinkan tamunya untuk turun di Amerika Serikat (AS) minggu ini.

Mengutip Sputnik News 28 Desember, jumlah ini mewakili sebagian kecil dari kapal pesiar yang beroperasi di daerah tersebut selama sebulan ini.

Ketika varian Omicron melonjak selama akhir pekan Natal, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengumumkan pada Hari Senin, mereka sedang menyelidiki lebih dari 70 kapal pesiar setelah adanya laporan kasus infeksi COVID-19.

Menurut tabel yang diperbarui yang membagi kapal pesiar berdasarkan warna dari yang benar-benar bebas dari kasus COVID-19 dan yang memerlukan tindakan kesehatan masyarakat segera, kasus COVID-19 di 68 kapal telah memenuhi ambang batas CDC untuk penyelidikan.

Dalam tabel, sebagian besar kapal dari mana kasus infeksi telah dilaporkan adalah Carnival Corporation (40 kapal), yang sebagian besar CDC memulai penyelidikan. Sedangkan kapal Royal Caribbean Group mewakili armada terbesar kedua yang terkena dampak COVID-19 (33 kapal).

Pekan lalu, Symphony of the Seas dan Odyssey of the Seas, keduanya dioperasikan oleh Royal Caribbean, melaporkan lusinan infeksi COVID-19 positif di antara awak dan penumpang mereka yang divaksinasi.

Penemuan awal, menurut jalur pelayaran yang beroperasi di pelabuhan Florida, seharusnya membatasi penyebaran penyakit menular dan memungkinkan penumpang lain menikmati perjalanan normal, hampir.

kapal pesiar
Ilustrasi kapal pesiar Symphony of The Seas. (Wikimedia Commons/Darthvadrouw)

Meskipun ada kasus di kapal pesiar lain sejak kapal yang berbasis di AS melanjutkan layanan musim panas ini, dengan persyaratan vaksin dan tindakan pencegahan lain untuk mencegah wabah, jumlah kapal pesiar yang terpaksa mengubah rencana perjalanan mereka telah meningkat, menurut laporan media AS.

Penundaan pelayaran saat ini masih jauh dari Maret tahun 2020, ketika pandemi menutup sektor sepenuhnya dan mengakibatkan berminggu-minggu mencoba mengirim penumpang dan anggota awak pulang, setelah pelabuhan ditutup untuk kapal yang terkena virus.

Untuk menghindari terulangnya situasi musim semi 2020, jalur pelayaran memberlakukan beberapa tindakan kesehatan dan keselamatan di atas kapal sesuai dengan Kerangka CDC untuk Perintah Berlayar Bersyarat Kapal Pesiar, yang direvisi ketika situasi berubah.

Vaksinasi terhadap virus sekarang diperlukan untuk anggota awak dan penumpang. Sebelum memulai pelayaran, sebagian besar jalur pelayaran mengharuskan tamu untuk dites negatif untuk COVID-19, dan kru mereka harus diuji secara teratur.

Masker juga wajib dikenakan di tempat umum di kapal pesiar yang berangkat dari AS. Peraturan ini baru-baru ini diubah untuk mewajibkan pelancong yang divaksinasi penuh, agar mengenakan masker dalam ruangan.

Terkait dengan varian Omicron, selain kapal pesiar nasib maskapai penerbangan AS dan perusahaan terkait juga terdampak. Menurut laporan Reuters terpisah, lebih dari 800 penerbangan dibatalkan di dalam, masuk, atau keluar AS pada hari Senin.

Selain itu, hampir 3.000 penerbangan dilaporkan dibatalkan selama akhir pekan liburan Natal, yang secara tradisional merupakan periode perjalanan yang sibuk bagi orang Amerika.