Begini Cara Menggunakan Fitur SOS Darurat Berbasis Satelit di iPhone

JAKARTA – Apple telah meluncurkan fitur SOS Darurat berbasis satelit untuk iPhone. Awalnya, fitur ini hanya tersedia di AS dan Kanada untuk beberapa model iPhone, tetapi kini fiturnya sudah tersedia di 17 negara.

Fitur ini bisa diakses di iPhone 14 dan yang lebih baru. Pihak perusahaan sempat menjelaskan bahwa fitur ini dirancang untuk membantu para penggunanya. Mereka bisa memanfaatkan SOS Darurat berbasis satelit saat berada di luar jangkauan seluler atau Wi-Fi.

"Selain itu, jika pengguna ingin meyakinkan teman dan keluarga tentang keberadaan mereka saat bepergian di luar jaringan, mereka kini dapat membuka aplikasi Find My dan membagikan lokasi mereka melalui satelit," jelas Apple, dikutip dari 9to5mac.

Sesuai dengan tujuannya, fitur ini sangat penting bagi beberapa pengguna. Untuk menghindari hal mendesak di kemudian hari, Anda bisa mempelajari cara menggunakan fiturnya terlebih dahulu. Berikut ini cara mudah untuk menggunakan SOS Darurat dengan satelit.

Pengguna SOS Darurat berbasis Satelit

Sebelum menggunakan fitur tersebut, Anda perlu mengetahui bahwa fitur ini hanya tersedia di Australia, Austria, Belgia, Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Jepang, dan lainnya. Sayangnya, fitur ini belum bisa diakses di Indonesia.

Namun, jika Anda berencana untuk berlibur ke negara yang menyediakan layanan SOS Darurat berbasis satelit di iPhone, Anda bisa melakukan tahapan berikut ini.

  1. Buka halaman Pengaturan di iPhone.
  2. Klik menu SOS Darurat, lalu klik Coba Demo.
  3. Pilih opsi Berikutnya, lalu ketuk Coba Koneksi Satelit.
  4. Selanjutnya, matikan koneksi data seluler untuk mencoba fiturnya.
  5. Kirim pesan selama demo berlangsung di ruang obrolan.