TikTok Luncurkan Fitur Langganan, Alat Monetisasi Baru bagi Kreator

JAKARTA – TikTok meluncurkan alat monetisasi baru bagi para kreator. Setelah merilis Langganan LIVE kepada sebagian kecil kreator yang ada di AS, TikTok akhirnya merilis fitur Langganan ke lebih banyak kreator.

Melalui situs resminya, TikTok mengatakan bahwa fitur ini sudah tersedia bagi kreator yang memenuhi syarat di wilayah tertentu. Kini, para kreator bisa menawarkan akses khusus yang lebih eksklusif dan menguntungkan kepada para pengikutnya.

"Kreator dapat memperkuat komunitas mereka sekaligus meningkatkan pertumbuhan mereka di TikTok untuk meningkatkan pendapatan bulanan mereka," kata TikTok. "Kreator dapat menggunakan fitur ini untuk mendorong keterlibatan yang lebih bermakna."

Para kreator diberi kebebasan dalam mengatur paket Langganan. Mereka bisa membagi paketnya ke dalam tiga tingkatan yang berbeda, sesuai dengan keuntungan yang ingin diberikan. Kreator bisa menghadirkan Saluran Komunikasi Pribadi untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Selain itu, ada konten eksklusif seperti video khusus, tayangan LIVE, hingga Notes yang hanya bisa dilihat oleh pelanggan dan pengenal komunitas berupa stiker yang bisa digunakan selama LIVE. Kreator juga bisa menambahkan keuntungan khusus untuk komunitasnya.

Untuk bergabung ke dalam program monetisasi terbaru ini, kreator harus berusia di atas 18 tahun dan memiliki akun tanpa reputasi buruk. Kreator harus memiliki lebih dari 10.000 pengikut dan memiliki lebih dari 100.000 tayangan video dalam satu bulan terakhir saat pengajuan.

"Kreator dapat membuka modul Monetisasi di TikTok Studio untuk melihat ikhtisar semua penawaran, rekomendasi yang dipersonalisasi, dan analisis pendapatan terperinci untuk mengidentifikasi peluang pertumbuhan yang baru," jelas TikTok.