Bagikan:

JAKARTA – TikTok mengungkapkan bahwa Mega Sales, musim belanja di seluruh e-commerce Asia Tenggara, telah menciptakan banyak perubahan, mulai dari perkembangan, behavior, hingga habit baru para konsumen.

Mega Sales akan kembali diadakan dalam waktu dekat dan puncaknya ada di tanggal kembar. Periode belanja ini akan diadakan seluruh e-commerce Indonesia mulai Oktober hingga Desember mendatang untuk menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Promo tanggal kembar memang selalu ada sejak awal tahun, tetapi habit dan behavior yang dilihat TikTok tidak sama dengan Mega Sales di kuartal keempat. Dampak dari musim belanja di akhir tahun pun cukup besar, yaitu kenaikan sales hingga 25 persen.

"Selama quarter four, ini adalah momen yang sangat berharga buat brand-brand dan bisnis, semua skala, untuk mereka mengeluarkan promosi-promosi baru," kata Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia. "Bisnis-bisnis dari segala skala, mulai dari UMKM hingga big corporation, melihat kenaikan sales sekitar 10 hingga 25 persen."

Berdasarkan hasil pengamatan TikTok, budaya berbelanja di akhir tahun mengalami perbedaan dari periode lainnya karena Harbolnas. Konsumen cenderung menyiapkan lebih banyak uang untuk menghadapi berbagai promo menarik di akhir tahun, baik di TikTok Shop atau e-commerce lain.

Selain pendapatan brand yang mengalami perubahan, Mega Sales juga membentuk budaya berbelanja yang baru. Saat ini, konsumen Indonesia menjadi lebih intuitif, gemar melakukan browsing dan buying sebelum berbelanja, hingga melakukan interaksi secara langsung dengan brand.

Gaya berbelanja ini pun menciptakan empat persona baru di TikTok Shop, yaitu Bargain Hunters yang selalu mencari diskon dan penawaran terbaik, Inspirational Shopper yang membeli barang untuk menjadi trendsetter, Effortless Shopper yang berbelanja tanpa menunggu promo atau diskon, dan Purposeful Shopper yang mengedepankan komitmen.

Menurut TikTok, persona ini bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis, khususnya untuk menyambut tanggal kembar seperti 10.10, 11.11, dan 12.12. Seluruh brand yang ada di TikTok Shop bisa meningkatkan pendapatan mereka jika target pasarnya bisa disesuaikan dengan persona konsumen.

"TikTok bisa jadi platform untuk discover hal-hal baru, tren baru, produk baru, brand-brand baru, sampai mereka (konsumen) bisa melakukan purchase di dalam platform," jelas Sitaresti. "Supaya mendapatkan impact yang maksimum, start campaign up-to satu bulan sebelum momennya datang."