Bagikan:

JAKARTA – Meta meluncurkan Akun Instagram Remaja bagi anak berusia di bawah 18 tahun. Akun ini dilengkapi perlindungan bawaan yang dapat membatasi konten dan interaksi di bawah pengawasan para orang tua.

Akun ini tak hanya disediakan untuk pengguna baru, tetapi untuk seluruh anak yang terdaftar sebagai remaja. Secara otomatis, akun mereka akan masuk ke dalam kategori Akun Instagram Remaja. Bagi pengguna berusia di bawah 16 tahun, akun mereka membutuhkan kontrol orang tua.

Akun Instagram Remaja dibuat untuk mengatasi kekhawatiran orang tua selama anaknya menggunakan media sosial. Dengan dibuatnya kategori ini, para orang tua bisa mengurangi pengalaman yang tidak aman dan tidak pantas bagi anak mereka.

"Pengalaman baru ini dirancang untuk mendukung orang tua dengan lebih baik dan memberi mereka ketenangan pikiran bahwa anak remaja mereka aman dengan perlindungan yang tepat," kata Meta, dikutip dari situs resminya.

Perusahaan itu menambahkan bahwa para remaja akan mendapatkan fitur baru yang dirancang khusus untuk mereka. Dengan fitur ini, mereka bisa melihat lebih banyak topik yang diinginkan di Search. Rekomendasi Akun Remaja juga akan disesuaikan dengan topik yang dipilih.

Ada beberapa aturan yang Meta terapkan di Akun Instagram Remaja. Seluruh konten di akun ini akan disembunyikan secara otomatis dari orang yang tidak mengikuti. Pemilik akun ini juga hanya bisa bertukar pesan dengan orang yang diikuti dan mengikuti balik.

"Remaja akan ditempatkan dalam pengaturan pesan yang paling ketat, sehingga mereka hanya dapat berkirim pesan oleh orang yang mereka ikuti atau yang sudah terhubung dengan mereka," jelas Meta.

Meta akan membatasi Akun Remaja dari konten perkelahian dan konten yang mempromosikan kosmetik di Explore dan Reels. Waktu penggunaan aplikasi juga akan dibatasi hingga 60 menit per hari. Lewat dari waktu yang ditetapkan, pengguna akan mendapatkan peringatan.