Meta Berbohong di Iklan Quest 3 Terbaru, Tampilkan Kemampuan yang Tidak Ada

JAKARTA – Meta meluncurkan iklan headset Quest 3 pada Rabu, 12 Juni di YouTube. Sekilas, tak ada yang salah dari iklan tersebut karena Meta hanya ingin memperlihatkan pengguna yang memakai Quest 3.

Namun, jika Anda mengamati iklannya dengan seksama, Anda akan menyadari bahwa Meta telah berbohong di dalam iklannya. Perusahaan itu menunjukkan bahwa Quest 3 bisa membuka beberapa jendela di berbagai tempat, padahal hal ini tidak bisa dilakukan.

Di dalam iklan berdurasi 16 detik itu, terlihat seseorang yang sedang melakukan pekerjaan di garasi sambil menggunakan Quest 3. Ia membuka banyak jendela di berbagai tempat untuk menonton YouTube, membalas pesan WhatsApp, dan lainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa Quest hanya bisa membuka tiga jendela di waktu bersamaan dan tidak bisa lebih dari itu. Semua aplikasi yang dibuka akan ditampilkan berdampingan sehingga pengguna Quest akan berhadapan dengan tiga jendela yang mengambang.

Anda bisa mengubah ukuran dan posisinya, tapi Anda tidak bisa memisahkan ketiga jendela tersebut. Ini merupakan salah satu kekurangan Quest karena Apple Vision Pro bisa membuka berbagai macam aplikasi sekaligus tanpa dibatasi.

Pengguna Vision Pro juga bisa menempatkan jendela aplikasi di mana pun yang mereka inginkan, seperti di samping mereka, di sudut ruangan, atau bahkan di ruangan lainnya. Meski Quest tidak bisa melakukannya, Meta mungkin memperbaiki kemampuan ini di masa depan.

Meta juga merilis iklan lainnya dengan durasi 30 detik. Di dalam iklan tersebut, terlihat bahwa pengguna Quest melakukan gerakan zoom untuk menarik jendelanya menjadi lebih dekat. Kemampuan ini juga tidak ada di Quest hingga saat ini.

Meski iklan bisa dibuat sedikit berlebihan, beberapa penonton mungkin berpikir bahwa Meta Quest memang bisa melakukan zoom untuk menarik jendela atau menaruh jendela aplikasi di berbagai tempat. Sayangnya, dua kemampuan tersebut hanya ditampilkan sebagai pemanis iklan.