Bagikan:

JAKARTA - Platform media sosial milik Elon Musk, X, tampaknya saat ini sudah menyembunyikan tab Like pengguna, sehingga membuatnya tidak bisa dilihat oleh orang lain. 

Berdasarkan pengamatan VOI melalui ponsel Android, ketika Anda membuka profil pengguna lain di X, Anda tidak akan lagi melihat tab Like di profil mereka. Dengan demikian postingan apa saja yang orang itu sukai tidak akan terlihat oleh orang lain.

Selain itu, jika Anda membuka postingan seseorang, jumlah Like masih akan terlihat. Namun, Anda tidak dapat lagi melihat akun-akun mana saja yang menyukai postingan tersebut. 

Kemampuan menyembunyikan postingan yang disukai ini tampaknya sudah diluncurkan secara bertahap, dan sudah diluncurkan di Indonesia. 

Jika Anda membuka aplikasi X, Anda akan melihat sebuah pop-up pemberitahuan di bawah layar Anda yang bertuliskan:

“Kami menjadikan Like bersifat pribadi bagi semua orang untuk melindungi privasi Anda dengan lebih baik. Menyukai lebih banyak postingan akan membuat feed "For You" menjadi lebih baik.”

Jika Anda belum menemukan pemberitahuan tersebut, mungkin Anda perlu memperbarui aplikasi X Anda melalui Google Play Store atau Apps Store. 

Membuat Like menjadi lebih pribadi ini tampaknya membuat pro dan kontra. Di satu sisi, pengguna bisa mendapatkan ruang yang lebih private, tapi di sisi lain bisa menjadi celah bagi penipu. 

Di mana pengguna akan semakin sulit memastikan keaslian dari postingan tersebut. Bahkan, orang-orang jahat bisa menggunakan bot untuk memanipulasi jumlah Like dari postingan tersebut.