Bagikan:

JAKARTA – CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa headset Quest sedang menguji kemampuan membuka enam jendela. Zuckerberg memamerkan kemampuan baru di Horizon OS v67 ini pada Rabu, 3 Juli.

Dari video yang dibagikan di akun Threads zuck, enam jendela yang dibuka akan mengelilingi penggunanya dengan tata letak yang padat. Tiga jendela akan tersusun di depan pengguna, sedangkan tiga jendela lainnya akan ditempatkan di bagian atas.

Penambahan jendela ini merupakan kabar baik bagi para pengguna Quest. Pasalnya, tidak seperti Apple Vision Pro yang jumlah jendelanya tidak terbatas, Quest justru hanya dibatasi tiga. Lebih buruknya lagi, pergerakan jendela di headset ini juga dibatasi.

Namun, batasan ini akan segera teratasi karena Meta juga meluncurkan kemampuan untuk bergerak lebih jauh. Berdasarkan laporan YouTuber BMFVR, dikutip dari The Verge, pengguna bisa memindahkan jendela Quest ke tempat lain.

Meski bisa dipindahkan, pengguna tidak bisa menaruh jendelanya dengan jarak yang berjauhan. Jadi, jika pengguna Quest sedang berada di tengah ruangan, mereka tidak bisa menempatkan jendela tersebut di sudut ruangan atau di ruangan lainnya.

Kemampuan enam jendela ini akan tersedia di Quest Pro, Quest 2, dan Quest 3 dalam waktu dekat. Untuk mengetahui apakah OS v67 sudah tersedia dan siap digunakan, Anda hanya perlu memeriksa Pembaruan Perangkat Lunak di pengaturan sistem.

Meta tidak hanya menambahkan jumlah jendela di OS Quest terbarunya. Perusahaan itu menambahkan beberapa fitur lainnya seperti pengetikan geser, pemindaian kode QR untuk menyambungkan koneksi Wi-Fi, hingga kontrol untuk durasi mode Jangan Ganggu.