Bagikan:

JAKARTA - OnePlus sedang mengembangkan fitur kesehatan baterai baru yang akan secara otomatis mengaktifkan perlindungan pengisian baterai ketika perangkat telah diisi daya terlalu lama. Fitur ini diharapkan akan hadir dengan pembaruan Oxygen OS 15 akhir tahun ini.

Dalam pembaruan beta Android 15 terbaru untuk perangkat OnePlus, ditemukan kode yang menunjukkan perubahan pada fitur "Batas Pengisian" Oxygen OS. Saat ini, di Oxygen OS 14, pengguna dapat memilih untuk membatasi pengisian baterai hingga 80% untuk memperlambat penuaan baterai.

Di masa depan, perangkat OnePlus akan secara otomatis membatasi pengisian hingga 80% jika dibiarkan terhubung ke charger terlalu lama, tanpa perlu input dari pengguna.

Berikut adalah beberapa string yang menunjukkan bagaimana fitur ini mungkin akan berfungsi saat dirilis:

  • "Perangkat Anda telah diisi daya terlalu lama. Untuk menghindari kerusakan pada baterai, 'Batas Pengisian' telah diaktifkan."
  • "Untuk memperlambat penuaan baterai, level baterai akan selalu dijaga pada 80% saat mengisi daya. Fitur ini akan secara otomatis menyala ketika perangkat Anda telah diisi daya terlalu lama."
  • "Untuk memperlambat penuaan baterai, level baterai akan selalu dijaga pada 80% saat mengisi daya."

Perlu dicatat bahwa fitur yang akan muncul ini berbeda dengan fitur Pengisian yang Dioptimalkan yang saat ini tersedia di perangkat OnePlus. Pengisian yang Dioptimalkan membatasi level baterai hingga 80% berdasarkan prediksi perilaku pengguna dan mengisi sisanya 100 menit sebelum perangkat diperkirakan akan dicabut.

Sebaliknya, Batas Pengisian akan selalu menjaga level baterai pada 80% saat terhubung ke charger, membuatnya lebih berguna bagi mereka yang sering membiarkan ponsel terhubung ke pengisi daya.

Dengan pembaruan ini, OnePlus berusaha untuk meningkatkan umur panjang baterai perangkat pengguna, memastikan kinerja yang optimal dan mengurangi risiko kerusakan baterai akibat pengisian berlebihan