Catat Kemenangan Ketiga, Shin Tae-yong Puji Mental dan Agresivitas Timnas U-19

JAKARTA – Pelatih tim nasional Indonesia U-19 Shin Tae-yong semakin puas dengan perkembangan anak asuhnya usai kemenangan 2-1 atas Universitas Kyungil di Stadion Auxiliary Mini pada Kamis, 7 April.

"Sejauh ini, selama pemusatan latihan di Korea, peningkatan yang paling signifikan terlihat dari para pemain adalah di sisi mental dan agresivitas permainan, serta usaha pemain untuk selalu bisa memenangkan pertandingan," ujar Shin usia laga itu dikutip situs PSSI.

Ini adalah kemenangan ketiga bagi skuad Garuda dalam tujuh pertandingan uji coba sejauh ini di Korea Selatan. Sebelumnya Marselino Ferdinan dan kawan-kawan sudah menang atas Pohan FC U-18 dan Universitas Daegu.

Di laga melawan Kyungil University, gol-gol untuk Indonesia masing-masing dicetak oleh Arsa Ramadan Ahmad pada menit ke-38 dan Rabbani Tasnim Siddiq di menit ke-81. Sementara itu, satu gol lawan dicetak oleh Gyeong Il Uni menit ke-90+1.

"Saya sangat senang dengan hasil ini, karena pemain semakin hari terus meningkat kemampuannya dan membaik. Itu (mental dan agresivitas) adalah hal-hal yang menurut saya punya progres sangat baik," kata pelatih asal Korea itu.

Sementara itu, Arsa menilai kemenangan timnya berkat kekompakan tim yang semakin hari semakin membaik. Kekompakan itu didukung oleh fisik yang juga semakin terasah.

"Passing-passing juga membaik. Mental akan terus kami tingkatkan, karena itu merupakan salah satu pesan penting dari pelatih," katanya.

Sebenarnya hari ini Marselino Ferdinan dan rekan-rekan rencananya akan beruji coba melawan tim Daegu FC hari ini, Namun, pertandingan itu gagal digelar lantaran banyak dari pemain lawan positif COVID-19.

Selain tiga kemenangan itu, Indonesia juga menderita tiga kekalahan dan satu hasil imbang. Tiga kekalahan itu yakni melawan Universitas Yeungnam (1-5), Korea Selatan U-19 (0-7 dan 1-5), sedangkan hasil imbang 2-2 didapat saat bersua Gimcheon Sangmu FC.

Tim U-19 Indonesia rencananya akan kembali menggelar satu uji coba terakhir melawan Pohang Steelers FC pada Sabtu, tanggal 9 April 2022.