Bom Nuklir Bisa Menjadi  Solusi Terhadap Asteroid Besar yang Hendak Tabrak Bumi
Gambaran lintasan asteroid yang bisa hantam Bumi. (foto: ilustrasi NASA)

JAKARTA – Sebuah studi ruang angkasa baru telah mengungkapkan bahwa menggunakan metode gangguan nuklir adalah solusi efektif dalam skenario darurat di mana asteroid berada pada tahap akhir dari jalur tabrakan dengan Bumi.

Ketika datang untuk menghindari dampak asteroid yang berpotensi menimbulkan bencana, ada beberapa teori yang saat ini sedang diuji berdasarkan seberapa banyak kesiapan yang dibutuhkan dan, tentu saja, ukuran benda langit yang masuk. Model defleksi kinetik, misalnya, mengusulkan ledakan kecil di permukaan asteroid untuk membelokkannya dan menghindari benturan.

Versi lain dari strategi ini adalah mengirim pesawat ruang angkasa ke luar angkasa dan menabrakkannya ke asteroid guna menjatuhkannya. NASA sebenarnya sedang menguji pendekatan ini sebagai bagian dari proyek pertahanan planet DART.

Model traktor gravitasi asteroid mengusulkan penggunaan pesawat ruang angkasa besar yang melayang di atas asteroid dan berinteraksi secara gravitasi dengannya sehingga asteroid didorong ke orbit yang tidak mengancam.

Ada juga taktik yang melibatkan penggunaan sinar matahari terfokus untuk menguapkan beberapa material dari permukaan asteroid, sebuah proses yang akan menciptakan daya dorong dan membelokkan asteroid dari jalur tabrakannya. Namun, sebagian besar solusi yang disebutkan di atas membutuhkan banyak waktu dan persiapan, di situlah taktik gangguan terdengar lebih efektif.

Namun sejauh ini, risiko yang terkait dengan gangguan adalah memecah asteroid menjadi beberapa bagian kecil mungkin menarik beberapa fragmen ke Bumi dan menyebabkan dampak yang lebih kecil. Sekarang, sebuah studi baru yang menggunakan teknik simulasi dampak lanjutan telah mengungkapkan bahwa teknik gangguan nuklir memang dapat menyelamatkan Bumi dari dampak asteroid yang muncul di radar sedikit terlambat untuk persiapan.

Para ilmuwan menggunakan perangkat lunak yang disebut Spheral yang memodelkan penghancuran nuklir asteroid dan kemudian mempelajari lintasan gravitasi dari fragmen untuk melihat apakah mereka dapat dengan aman terbang melewati Bumi. Simulasi hidro yang diuji pada setidaknya lima asteroid membuktikan bahwa gangguan nuklir adalah metode akhir yang layak untuk mencegah dampak asteroid.

Sebagai bagian dari penelitian, para ilmuwan secara virtual mengerahkan perangkat nuklir 1-Megaton yang meledak beberapa meter dari asteroid berbentuk Bennu yang berukuran 100 meter. Untuk diingat, Bennu adalah asteroid yang sama yang memiliki probabilitas 0,037 persen untuk membuat dampak dengan Bumi pada tahun 2182.

Tim di balik studi terbaru, yang telah diterbitkan di Acta Astronautica, mengatakan bahwa jika gangguan nuklir yang dihitung dilakukan dua bulan sebelumnya, maka asteroid yang hendak menghantam Bumi, 99,99 persen massa Asteroid akan meleset dari Bumi.

Peristiwa gangguan yang diusulkan dikatakan menurunkan fraksi massa tumbukan dengan faktor 1.000 atau lebih. Bahkan jika asteroid itu lebih besar, gangguan nuklir yang dilakukan enam bulan sebelum tanggal tumbukan akan cukup efektif sehingga 99 persen pecahannya terbang melewati Bumi tanpa menimbulkan risiko apa pun.

Namun, adalah tugas yang menakutkan untuk mengikuti lintasan setiap fragmen yang rusak dengan mempelajari interaksi gravitasinya dengan fragmen lain di awan puing, Bumi, dan Matahari. Plus, masih ada kemungkinan kecil bahwa beberapa pecahan yang pecah setelah gangguan nuklir dapat memasuki atmosfer bumi.

Secara keseluruhan, tim menyimpulkan bahwa gangguan nuklir masih merupakan metode yang paling efektif untuk mencegah dampak darurat asteroid pada akhir waktu. Akan tetapi metode kinetik sebaiknya digunakan jika ada cukup waktu untuk bersiap. Namun asteroid datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, sehingga simulasi yang lebih canggih diperlukan untuk menilai kelayakan peristiwa gangguan nuklir dengan lebih baik sebagai upaya terakhir.