Rusia Kirimkan Sutradara dan Aktor untuk Syuting Film The Challenge di Luar Angkasa
Roscosmos akan segera membawa seorang kosmonot, sutradara film dan aktor ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) (foto: roscosmos)

Bagikan:

JAKARTA - Pesawat ruang angkasa Soyuz milik badan antariksa Rusia, Roscosmos akan segera membawa seorang kosmonot, sutradara film dan aktor ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) hari ini.

Tujuannya, untuk membuat film secara langsung di luar angkasa. Tiga awak pesawat nantinya akan lepas landas dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada pukul 4:55 pagi EDT.

Di atas kapal akan ada kosmonot Anton Shkaplerov yakni veteran tiga penerbangan luar angkasa berdurasi panjang yang akan menghabiskan masa tinggal beberapa bulan lagi di ISS, bersama dengan sutradara film Klim Shipenko dan aktor Yulia Peresild.

Shipenko dan Peresild diperkirakan akan menghabiskan 12 hari di orbit untuk membuat film fiksi yang berjudul "The Challenge". Bercerita tentang mengikuti seorang dokter yang terbang ke ISS dalam waktu singkat untuk memberikan perawatan yang menyelamatkan jiwa seorang kosmonot.

Rusia sedang berusaha untuk membuat film pertama mereka di luar angkasa, dan mengubah jadwal penerbangannya untuk mendahului rencana NASA dan SpaceX, guna mendukung peluncuran film aksi Tom Cruise di orbit. Sementara, film Cruise, yang pertama kali diumumkan pada 2020, belum sama sekali mengungkapkan tanggal peluncurannya.

Dikatakan Peresild yang dikutip dari Space, Selasa, 5 September, sebelum melakukan misi ke ISS, dia dan Shipenko menerima pelatihan darurat dasar seperti tentang cara mencuci rambut, minum cairan, dan menggunakan kamar mandi. Dia mengatakan mereka juga diberi tas untuk berjaga-jaga jika mereka muntah. Peresild berharap bahwa ruang tanpa bobot akan baik untuk mereka.

Peresild mengakui salah satu bagian tersulit dari pelatihannya sejauh ini adalah mendamaikan dua perannya. Sebagai seorang aktor, dia harus emosional. Tapi kosmonot harus fokus. Mereka pun telah membuat perencanaan matang untuk melakukan pekerjaan mereka tanpa kru film.

Dalam proses pembuatan film, Peresild akan merias wajahnya sendiri, dan sutradara akan menyiapkan segala pencahayaan dan suara. Tak satu pun dari keduanya telah memiliki pengalaman penerbangan luar angkasa profesional di luar pelatihan dasar mereka di Roscosmos.

Peresild terkenal di Rusia karena karyanya dalam film, film seni, serial televisi, dan penampilannya di teater Malaya Bronnaya di Moskow. Situs resmi Roscosmos untuk "The Challenge" mengatakan film tersebut merupakan bagian dari proyek ilmiah dan pendidikan bersama dengan Channel One, Roscosmos dan sebuah studio bernama Yellow, Black and White.

Roscosmos menggambarkan film itu sebagai proyek yang dimaksudkan untuk menunjukkan peningkatan kemajuan dalam penerbangan luar angkasa kepada orang-orang yang bukan astronot profesional, tetapi dikerjakan oleh badan-badan nasional.

Misi tersebut, yang secara resmi dijuluki Soyuz MS-19, adalah yang terbaru dari serangkaian peluncuran pesawat luar angkasa non-profesional, dan terjadi selama paruh kedua tahun ini.