Awalnya Buat April Mop, Kini <i>Keyboard Copy-Paste</i> Dijual untuk Tujuan yang Mulia
Keyboard copy-paste, dulu dianggap sebagai lelucon April Mop. (foto: screenrant)

Bagikan:

JAKARTA - Awal tahun ini, platform pengkodean komunitas populer Stack Overflow mengiklankan keyboard copy-paste (salin-tempel) palsu yang sekarang dapat dibeli pengguna. Disebut "The Key," keyboard ini awalnya diperkenalkan sebagai lelucon April Mop. Dengan hanya tiga tombol – CTRL, C, dan V – keyboard mungil ini dimaksudkan untuk mengolok-olok seberapa sering kode disalin dari situs web.

Pada tanggal 1 April, siapa pun yang menyalin kode dari Stack Overflow akan disambut dengan pop-up yang memberi tahu mereka bahwa mereka memiliki salinan gratis dalam jumlah terbatas dan mereka dapat memiliki salinan tak terbatas jika mereka membeli The Key.

Meskipun ini, tentu saja, tidak benar dan Stack Overflow tetap menjadi komunitas yang bebas digunakan, yang memungkinkan pengembangnya untuk melihat berapa kali konten disalin, dari mana, dan seberapa cepat. Mereka menemukan bahwa lelucon copy-paste yang dijalankan komunitas benar-benar akurat, karena seperempat dari 15 juta pengguna Stack Overflow menyalin sesuatu dalam waktu lima menit setelah mengunjungi situs tersebut.

Menanggapi semakin banyak orang yang bertanya di mana mereka bisa mendapatkan salah satu keyboard secara nyata, Stack Overflow terhubung dengan Drop, sebuah situs yang dapat digambarkan sebagai toko teknologi desainer online.

Salah satu desainer Drop membawa ide The Key menjadi kenyataan dan, pada 28 September, sejumlah eksemplar dijual. Barang ini segera habis terjual, jadi produk baru langsung dibuat untuk memenuhi kebutuhan pre-order dan diharapkan bisa dikirim pada 13 Desember, atau tepat pada waktunya untuk membuat tumpukan hadiah Natal bagi teman-teman pengkodean.

 Tim Stack Overflow telah membagikan bahwa bagian mereka dari hasil ini, bersama dengan lima persen dari bagian Drop, akan disumbangkan ke digitalundivided. Usaha Nirlaba ini mendukung pengusaha wanita kulit hitam dan Latin dengan menghubungkan komunitas mereka dengan sumber daya yang mereka butuhkan untuk berkembang dalam inovasi dan teknologi.

Jadi, dengan 29 dolar AS, siapa pun sekarang dapat memiliki keyboard tiga tombol yang dapat diprogram dan berkontribusi pada lelucon konyol dengan tujuan yang mulai.

Mempertimbangkan data Stack Overflow yang dikumpulkan dari periode waktu yang dipantau dari 26 Maret hingga 9 April, tidak mengherankan The Key sudah terjual habis. Jumlah CTRL+C yang diambil oleh sistem bertambah hingga 40.623.987 salinan di 7.305.042 posting dan komentar.

Stack Overflow memutuskan untuk secara terbuka memamerkan angka-angka ini untuk mendorong orang untuk menggunakan kembali solusi yang telah ditemukan orang lain dan untuk meyakinkan semua pengguna mereka bahwa tidak perlu merasa bersalah karena tidak menulis semuanya dari awal. Meskipun mungkin tidak untuk semua orang, The Key tentu melanjutkan ide itu.