Bagikan:

JAKARTA – Microsoft meluncurkan fitur Advanced Paste ke dalam PowerToys, kumpulan utilitas untuk mengelola Windows, pada 21 Mei lalu. Fitur yang mempercepat alur kerja ini dirancang khusus untuk Windows 11.

Sesuai namanya, Advanced Paste akan membantu penggunanya dalam melakukan copy-paste melalui papan klip. Fitur ini menggunakan Kecerdasan Buatan (AI) sehingga pengguna tidak hanya menyalin konten, tetapi juga bisa mengembangkan kontennya.

Microsoft menjelaskan bahwa tempel teks dengan AI bisa dalam membantu pengguna untuk melakukan beberapa hal, seperti menyalin teks dan meminta AI meringkasnya, meminta AI menyalin dalam bahasa lain, atau meminta AI menulis ulang secara profesional.

Selain itu, pengguna juga bisa mengambil deskripsi suatu fungsi dan meminta AI membuatnya dalam bentuk kode serta menyalin teks dan meminta AI menulis ulang dengan gaya bahasa tertentu, baik seperti seorang penulis atau pembicara terkenal.

"Saat Anda menempelkan teks dengan AI, teks tersebut dianalisis dan diformat berdasarkan konteks teks dan perintah yang diberikan pada panggilan OpenAI. Fitur ini mengharuskan kunci API OpenAI disediakan di pengaturan PowerToys," demikian keterangan pihak Microsoft.

BACA JUGA:


Microsoft mengatakan bahwa Advanced Paste bekerja seperti AI lainnya, di mana kualitas konten yang dikeluarkan bergantung pada kualitas masukannya. "Semakin banyak konteks yang Anda berikan, semakin baik AI dapat memahami dan merespons permintaan Anda."

Untuk menggunakan atau sekadar mencoba fitur ini, Anda perlu mengaktifkan Advanced Paste di Pengaturan PowerToys terlebih dahulu. Setelah itu, buka jendela Advanced Paste dengan menekan pintasan Windows + Shift + V di keyboard.

Jika jendela pengaturannya sudah terbuka, Anda bisa mengatur Advanced Paste sesuai dengan keinginan. Ada beberapa konfigurasi yang bisa diaktifkan, yaitu aktifkan tempel dengan AI, pratinjau format khusus, sejarah papan klip, dan masih banyak lagi.