Para Ilmuwan Temukan Planet <i>Circumtriple</i> yang Mengorbit pada Tiga Bintang
Planet circumtriple, aneh karena mengorbit pada tiga bintang. (foto : Nasa)

Bagikan:

JAKARTA - Mirip dengan Bumi dan Matahari, sebagian besar planet di seluruh ruang mengorbit pada satu bintang. Akan tetapi para ilmuwan baru saja menemukan planet pertama yang mengorbit pada tiga bintang sekaligus.

Bagi penggemar fiksi ilmiah, sistem aneh seperti ini selalu dibicarakan. Baik itu dua matahari Tatooine di Star Wars atau Planet Miller yang serba air di Interstellar, ada daya tarik konstan tentang seperti apa planet lain di luar Bumi. Betapapun mengasyikkannya dunia yang dibuat-buat ini, para ilmuwan dan astronom membuat penemuan reguler dalam kehidupan nyata yang sama menariknya.

Yang diperlukan hanyalah pengikut dasar industri luar angkasa untuk melihat ini sendiri. Beberapa penemuan terbaru termasuk 'cincin emas' cantik yang berjarak lebih dari 9 miliar tahun cahaya, asteroid mirip tulang anjing yang berjatuhan di angkasa, dan bintang gagal aneh yang diberi nama 'The Accident.' Sementara setiap penemuan penting karena alasan uniknya sendiri, yang terbaru ini bisa menjadi salah satu yang paling mengesankan sejauh ini.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Oxford Acamedic, para ilmuwan telah merinci sistem aneh bernama 'GW Ori.' GW Ori membingungkan karena beberapa alasan. Untuk satu hal, cakram Ori dibagi menjadi dua bagian berbeda yang bagian luarnya memiliki kemiringan 38 derajat.

Ini tidak berbeda dengan cincin Saturnus, kecuali fakta bahwa ini memiliki celah besar di dalamnya. Lebih jauh lagi, cincin-cincin ini ada tanpa planet yang terlihat. Setelah melakukan pemodelan lanjutan pada sistem tersebut, para ilmuwan percaya bahwa kedua piringan tersebut adalah awal dari pembentukan raksasa gas besar yang berusia sekitar satu juta tahun. Ini penyebab mengapa planet ini tidak dapat dilihat.

Sementara itu semua cukup menarik, lapisan gula pada kue adalah sistem bintang yang mengelilingi planet tak kasat mata ini. Alih-alih memiliki satu atau dua bintang, GW Ori memiliki tiga bintang yang secara bersamaan mengorbit planet pembentuknya.

Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan menarik. Salah satu yang paling penting adalah "Seperti apa langit di planet dengan tiga bintang?" Dalam kasus planet khusus ini, efeknya sebenarnya akan kurang mengesankan dari yang Anda harapkan.

Seperti yang dijelaskan The New York Times, kemungkinan seseorang hanya dapat melihat dua bintang terdekat menuju pusat planet yang sedang terbentuk. Mereka juga akan muncul sebagai suar cahaya tunggal, meskipun efeknya masih luar biasa untuk dilihat.

Lebih jauh lagi, sementara sistem GG Tau A sebelumnya ditemukan sebagai kemungkinan planet lain dengan tiga bintang, apa yang kita ketahui tentang GW Ori membuatnya menjadi kandidat yang jauh lebih mungkin. Kepala penulis studi tersebut, Jeremy Smallwood, menjelaskan bahwa "Ini mungkin bukti pertama planet circumtriple mengukir celah secara real time."

Sementara penelitian ini cukup meyakinkan dalam buktinya, pekerjaan lebih lanjut sedang dilakukan untuk mengkonfirmasi apakah sebuah planet benar-benar ada di GW Ori. Orang lain di industri ini, seperti Dr. Alison Young, berpendapat bahwa cakram di GW Ori dibentuk hanya oleh bintang-bintang dan bukan planet yang sedang tumbuh.

Tidak mungkin untuk mengatakan dengan kepastian 100 persen dulu, tapi itu akan segera berubah. Dalam beberapa bulan mendatang, para astronom akan mengamati GW Ori menggunakan ALMA dan Teleskop Sangat Besar di Chili untuk melihat sistem tersebut lebih dekat. Jika ditemukan bahwa memang ada sebuah planet yang terbentuk di sekitar tiga bintang, maka itu akan mengkonfirmasi bahwa ruang angkasa kita  kadang-kadang bisa lebih menarik daripada media fiksi yang menggambarkannya.