Ini 9 Bocoran Fitur Kamera Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro Terbaru
Google Pixel 6 akan hadir dengan kamera utama Samsung GN1 50MP dan kamera ultra-wide-angle 12MP. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini Google akan segera mendatangkan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro dengan dukungan kamera yang apik dari Samsung, dan kali ini bocoran terbaru mengungkapkan kamera seri Pixel 6 juga akan mendapatkan fitur yang mumpuni.

Laporan sebelumnya menyatakan, Google Pixel 6 akan hadir dengan kamera utama Samsung GN1 50MP dan kamera ultra-wide-angle 12MP. Selain itu, Google Pixel 6 Pro juga akan menggunakan lensa periskop zoom optik 4x 48MP, dan akan hadir dengan kamera depan 12MP.

Tim XDA Developers berhasil mengungkap beberapa fitur baru yang belum pernah terlihat di perangkat Pixel sebelumnya. Fitur-fitur tersebut ditemukan melalui build internal aplikasi Google Camera yang bocor, tetapi tidak diketahui apakah fitur ini akan dirilis secara global.

Google sendiri diketahui akan menyematkan prosesor Tensor besutannya, yang akan menggunakan arsitektur inti 2+2+4, dengan RAM hingga 12GB. Ada desas-desus bahwa ponsel akan dirilis pada 28 Oktober.

Berikut beberapa fitur Google Camera yang berhasil diungkap XDA Developers, dikutip dari Gizchina, Senin, 27 September.

  1. Ultra-Wide-Angle Front Camera dan Video Recording

Kamera depan ultra-wide Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akan memiliki dua tingkat zoom, 0,7x dan 1.0X. Kemampuan merekam kamera utama juga mendukung hingga 4K 60fps, tetapi ultra-wide-angle dan kamera tele mendukung perekaman hingga 4K 30fps perekaman.

Saat merekam pada 4K 60fps, faktor zoom digital maksimum adalah 7X. Jika pengguna merekam pada spesifikasi yang lebih rendah, zoom maksimum dapat mencapai 20X. Saat memotret foto, zoom maksimum juga bisa mencapai 20X.

  1. White Balance

Adapula fitur keseimbangan white balance, Google memiliki rencana untuk mengembangkan fitur ini di masa lalu. Namun, XDA Developers tidak begitu yakin apakah perusahaan akan meluncurkan fitur ini, mengingat itu bertentangan dengan konsep desain singkat dari Aplikasi Google Camera.

  1. Magic Eraser

Selaniutnya, ada fitur Magic Eraser. Fitur kamera baru ini diberi nama kode Swiss. Ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menghapus orang dan objek tertentu di latar belakang dari gambar yang mengganggu. Fitur ini diharapkan menggunakan inti akselerasi kecerdasan buatan dari prosesor Tensor.

  1. Face Deblurring

Google juga akan membawa fitur Face Deblurring, yang mana prinsip dari fungsi ini adalah menggunakan lensa ultra-wide angle untuk mengambil foto tambahan sekaligus saat kamera utama dihidupkan HDR untuk mengambil foto.

Ini dapat menghindari keburaman yang disebabkan oleh goyangan wajah manusia selama pemotretan multi-foto HDR. Diharapkan fungsi ini juga akan menggunakan operasi inti AI dari prosesor Tensor.

  1. Scene Lock

 

Kemudian fitur Scene Lock, fungsi ini diberi nama kode safir dan diharapkan mirip dengan fungsi kunci AF/AE. Tujuan dihadirkannya fitur ini masih belum jelas.

  1. Bluetooth Microphone Support

Meski detail fitur ini belum bisa dipastikan. Namun, kemungkinan besar itu akan memungkinkan perekaman suara melalui mikrofon headset Bluetooth.

  1. Nima Aesthetics

Tampaknya fitur ini berhubungan dengan foto dinamis, dan mungkin akan menggunakan prosesor Tensor untuk mempercepat perhitungan.

  1. Baby Mode

Saat fitur ini aktif, kamera dapat secara otomatis menangkap ekspresi dan gerakan bayi untuk mengabadikan momen-momen lucu.