NASA Luncurkan Novel Grafis <i>First Woman</i> Berbasis <i>Augmented Reality</i>, Bisa Diunduh Secara Gratis
Komik buatan NASA, First Woman (NASA)

Bagikan:

JAKARTA – Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) dikabarkan merilis komik jenis novel grafis berjudul First Woman. Komik tersebut dilengkapi dengan dukungan Augmented Reality (AR) dan bisa diunduh secara gratis oleh pembaca di seluruh dunia.

Novel grafis tersebut diluncurkan NASA pada hari Buku Komik Nasional pada 14 Agustus 2021 lalu. Kini para pengguna sudah bisa mengunduh komiknya dalam bentuk pdf di laman resmi NASA atau melalui tautan ini. Selain itu pengguna juga bisa membacanya secara daring dan mendengarkan versi audio-nya.

Dalam komik First Woman: NASA’s Promise for Humanity bikinan NASA itu berkisah tentang tokoh bernama Callie Rodriguez yang menjadi perempuan pertama di Bulan. Cerita dalam komik tersebut terinspirasi dari program Artemis NASA untuk misi pendaratan Bulan berikutnya.

NASA luncurkan komik First Woman, bisa didownload secara gratis (NASA)

Slashgear melaporkan bahwa novel grafis interaktif NASA itu ditujukan untuk menginspirasi “Generasi Artemis” yakni kaum muda yang bermimpi bekerja untuk badan antariksa dan, mungkin, suatu hari bepergian ke luar angkasa. NASA juga memanfaatkan novel grafisnya untuk menyajikan berbagai teknologi mengenai penjelajahan dan perjalanan di Bulan.

Dengan teknologi AR, pembaca akan melihat objek dalam bentuk 3D ketika membaca komik tersebut. Selain objek, pembaca juga akan melihat lingkungan sekitar Bulan, pesawat antariksa Orion, dan lain-lain sebagaimana ukuran aslinya.

Komik First Woman tersebut hanya setebal 40 halaman dan tidak ditujukan untuk pembaca pasif. Artinya, pembaca bakal bisa bermain game, menonton video, dan mengumpulkan lencana dengan dukungan teknologi AR tersebut.

Di cover komik tersebut tertulis Edisi#1. Kemungkinan besar NASA akan menggarap komik edisi selanjutnya dalam beberapa waktu mendatang. NASA juga menyebutkan akan meluncurkan versi bahasa Spanyol. Hal ini merupakan untuk yang pertama kalinya NASA meluncurkan komik yang fokus pada eksplorasi Bulan.