V2 Indonesia Hadirkan Teknologi AR dan VR dengan Metahuman Berbasis AI untuk Project Milik BNI
Foto: Dok. V2 Indonesia

Bagikan:

JAKARTA - V2 Indonesia yang berfokus pada pelopor digital teknologi terdepan (Leading Tech Provider) menjalin hubungan kemitraan strategis dengan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) untuk meluncurkan proyek inovatif dalam dunia perbankan dengan memperkenalkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Metahuman berbasis AI, yang akan diimplementasikan ke dalam setiap outlet super dan business flagship BNI.

Proyek yang terintegrasi dalam Program BNI Corporate Transformation ini merupakan inisiatif transformasi bisnis dari Bank Negara Indonesia menuju ke arah digital secara menyeluruh. Salah satu aspek dari program ini adalah pengembangan teknologi augmented reality dan virtual reality di outlet-outlet tipe Super Flagship dan Business Flagship. Dengan dukungan teknologi dari V2 Indonesia nantinya penerapan teknologi ini akan memberikan kemudahan bagi nasabah untuk menjelajahi produk dan layanan BNI secara interaktif.

Sebagai tahap awal, penerapan teknologi AR dan VR BNI yang menggunakan perangkat tablet augmented reality yang dilengkapi dengan 360 AR dan mempunyai dashboard yang menjadikan big data, serta headset virtual reality menjelajah dunia virtual Bersama Metahuman AI yang dapat menjawab kebutuhan customer, semua ini dapat ditemukan di tiga lokasi yakni di BNI Pejompongan, Graha BNI Sudirman dan BNI Gedung BUMN.

"Kami bangga untuk bisa berkolaborasi dengan Bank BNI dan memperkenalkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) serta content creative digital terintegrasi dalam dashboard di dalam perangkat outlet Super dan Business Flagship BNI. Semoga dengan kerjasama ini dapat memberikan manfaat, baik bagi perkembangan bisnis maupun konsumen. Penggunaan teknologi terkini adalah sarana bagi BNI untuk dapat menjalankan setiap aktivitas perbankan atau menampilkan product showcase dan aktivasi pop-up nya dengan menghadirkan content yang lebih menarik dan kreatif," kata Rudi Hidayat, Founder dan CEO V2 Indonesia, dalam keterangannya, Senin 4 September.

Tak hanya digunakan di dalam outlet, kedepannya bersama V2 Indonesia, Bank BNI akan mengembangkan aplikasi AR/VR yang memungkinkan personalisasi pengalaman pengguna, eksplorasi produk BNI melalui teknologi AR/VR, serta pemantauan penggunaan melalui portal dashboard hingga penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) kedalam setiap pelayanan terhadap nasabahnya.

Richard Harris, Project Manager V2 Indonesia menambahkan, V2 Indonesia telah melakukan beberapa proyek terinovatif dengan menggunakan rangkaian teknologi yang dimilikinya. Melalui kolaborasi ini, kami berharap kedepannya layanan perbankan di tanah air dapat menciptakan interaksi yang lebih menarik dan informatif antara nasabah dan layanan perbankan.

"Kemitraan dengan BNI sendiri adalah bentuk komitmen dari BNI untuk menghadirkan layanan yang inovatif dan relevan bagi nasabah, serta menjaga posisinya sebagai lembaga keuangan terdepan dalam mengadopsi teknologi terkini," jelasnya.

V2 Indonesia berharap dapat memberikan pengalaman mendalam kepada nasabah dalam menjelajahi solusi BNI melalui perangkat tablet augmented reality dan headset virtual reality. Selain itu, proyek ini akan menjadi bukti komitmen BNI dan V2 Indonesia terhadap inovasi digital dalam bentuk prototype outlet baru. Dan proyek ini diharapkan dapat menjadi sumber potential leads baru bagi tim pemasaran BNI, membuka peluang untuk menjangkau nasabah baru melalui penggunaan teknologi yang menarik.

"Harapannya dengan terjalinnya kerjasama ini, kedepannya kami dapat mewujudkan visi dan misi dari V2 Indonesia yakni, “experience future now – we are from the future” kita bisa merasakan pengalaman masa depan disaat ini karena kami adalah dari masa depan," ujar Richard.

V2 Indonesia sendiri sebelumnya telah sukses menampilkan atraksi suguhan digital grafik yang memukau melalui teknologi projection mapping disguise dengan menggunakan prosesor bernama OmniCal disguise di tubuh Monumen Nasional, serta berkolaborasi dengan Perum Produksi Film Negara (PFN) untuk meluncurkan studio ImXR disguise.

V2 Indonesia juga memperkenalkan teknologi extended reality (XR) tahap pertama di rumah ibadah Gereja Bethel Indonesia (GBI PRJ), lalu tampil memukau pada gelaran NXC International Summit 2022, dan juga sukses bekerjasama untuk menampilkan content podcast dan ekosistem hiburan digital bersama PT Dektos Digital Corbuzier.