Misi Inspiration4 Akan Mendarat di Lepas Pantai Florida, Sabtu Waktu Malam Setempat
Inspiration4 terbang jauh lebih tinggi dari stasiun luar angkasa ISS. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA –Misi Inspiration4 yang membawa empat awak sipil ke luar angkasa selama tiga hari akan mendarat sekitar pukul 19:06. Sabtu, 18 September (09.06 WIB Minggu) di lepas pantai Florida, AS.

Pada Rabu, 15 September, Jared Isaacman, Hayley Arceneaux, Sian Proctor dan Chris Sembroski, menjadi kru dari warga sipil pertama yang membuat sejarah dengan meluncurkan ke luar angkasa dari Space Coast Florida. Mereka diterbangkan oleh SpaceX, perusahaan luar angka milik Elon Musk.  

Selama wawancara pada Jumat, 17 September, para kru tersebut memberikan kabar pembaruan tentang misi multi-hari mereka. Mereka berbicara tentang eksperimen yang telah dilakukan saat berada di luar angkasa.

Berbeda dengan penerbangan miliarder Jeff Bezos dan Richard Branson Juli lalu yang pergi ke sub-orbit selama beberapa menit saja, maka Inspiration4 akan menempuh jarak yang lebih jauh. Bahkan melampaui Stasiun Luar Angkasa Internasional selama tiga hari.

Tim Inspiration4 meluncur pada hari Rabu dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral di atas salah satu roket Falcon 9 dua tahap dari SpaceX yang dapat digunakan kembali.

Dalam waktu tiga jam, kapsul kru telah mencapai ketinggian orbit jelajah lebih dari 363 mil (585 km). Ketinggian ini lebih tinggi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional atau Teleskop Luar Angkasa Hubble. Misi ini juga disebut yang terjauh yang pernah dilakukan manusia dari Bumi sejak program Apollo NASA berakhir pada tahun 1972. 

Ini juga menandai penerbangan debut bisnis pariwisata ruang angkasa baru Musk dan lompatan di depan para pesaing yang juga menawarkan tumpangan kapal roket kepada pelanggan kaya yang bersedia membayar uang untuk mengalami kegembiraan luar angkasa dan mendapatkan gelar sebagai astronot amatir.

Empat orang di dalamnya adalah penumpang unik. Mulai seorang miliarder, penyintas kanker, ahli geologi, dan pemenang undian.

Misi ke luar angkasa ini sangat penting bagi orang-orang di lapangan karena juga merupakan penggalangan dana untuk Rumah Sakit Anak St. Jude.

Salah satu tujuan utama misi Inspiration4 adalah mengumpulkan 200 juta dolar AS untuk anak-anak penderita kanker dan penyakit yang mengancam jiwa.