Elon Musk Kecam Joe Biden yang Tak Peduli dengan Kesuksesan Misi Inspiration4
Misi Inspiration4, kurang mendapatkan perhatian dari Joe Biden. (foto; twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Elon Musk mengecam Presiden Joe Biden, setelah panglima tertinggi di AS itu tak mau mengakui kesuksesan SpaceX dari misi sipil pertamanya, di mana empat astronot amatir mengorbit Bumi selama tiga hari.

Salah satu dari 60 juta pengikut Twitter Musk menunjukkan bahwa Gedung Putih dan Biden belum mengomentari misi tersebut, yang berhasil kembali ke Bumi pada Sabtu malam.

"Presiden Amerika Serikat bahkan menolak untuk mengakui 4 astronot Amerika terbaru yang membantu mengumpulkan ratusan juta dolar untuk St. Jude," tulis pengguna @rhensing. "Apa teorimu tentang mengapa begitu?"

"Dia masih tidur," jawab Musk pada Minggu sore.

Hingga Senin pagi, Gedung Putih belum mengomentari misi yang dijuluki “Inspiration4”, yang menandai pertama kalinya semua kru sipil berhasil mencapai orbit Bumi.

Para kru - Jared Isaacman, Hayley Arceneaux, Chris Sembroski dan Dr. Sian Proctor - menghabiskan tiga hari mengelilingi planet ini pada ketinggian lebih dari 335 mil, sekitar 75 mil lebih tinggi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional dan sejajar dengan Teleskop Luar Angkasa Hubble .

Isaacman, (38 tahun), seorang pilot jet ulung, memimpin misi tersebut setelah telah membayar 200 juta dolar AS untuk hak istimewa tersebut.

Miliarder itu menyumbangkan dua kursi dalam misi tersebut. Yang lainnya pergi ke Sembroski, yang memenangkan undian yang mengumpulkan 113 juta dolar AS dari sumbangan Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude.

Penerbangan itu membantu mengumpulkan lebih dari 200 juta dolar untuk St. Jude's setelah sumbangan $50 juta dari Musk sendiri.

Kapsul Crew Dragon yang membawa kuintet astronot mendarat di Samudra Atlantik di lepas pantai Kennedy Space Center di Florida Sabtu malam, tak lama setelah jam 7 malam ET (09.00 WIB).

"Atas nama Space X, selamat datang di planet Bumi," kata petugas operator kepada kru di siaran langsung acara tersebut.

“Misi Anda telah menunjukkan kepada dunia bahwa luar angkasa adalah untuk kita semua, dan bahwa manusia biasa dapat membuat dampak luar biasa pada dunia di sekitar mereka.”

Pejabat tinggi dari The National Aeronautics and Space Administration, termasuk Administrator NASA Bill Nelson, mengucapkan selamat kepada mereka yang terlibat dalam misi tersebut.

Pesaing industri kedirgantaraan SpaceX, termasuk Boeing, Lockheed Martin dan Blue Origin milik Jeff Bezos, juga memberi selamat kepada perusahaan atas misi tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Musk berselisih dengan pemerintahan Biden. Bulan lalu, Musk mengatakan bahwa tidak ada seorang pun dari Tesla yang diundang ke Gedung Putih untuk menghadiri pertemuan puncak tentang masa depan mobil listrik bahkan ketika saingannya Ford, GM, dan Stellantis hadir.

Baru-baru ini, Musk mengkritik proposal administrasi Biden yang akan mengalokasikan insentif tambahan 4.500 dolar AS kepada pembeli mobil listrik baru dari produk tertentu – tetapi hanya jika itu dibuat di AS oleh pekerja yang berserikat. Pabrik Tesla tidak terwakili serikat pekerja dan Musk telah menentang upaya serikat pekerja di masa lalu.