Apakah Mode Incognito pada Aplikasi Browser Benar-Benar Aman? Ini Faktanya
Pengertian dan fungsi mode incognito (Dok.Istimewa VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi sebagian pengguna internet, histori pencarian yang disimpan aplikasi browser mungkin bukanlah sesuatu yang bernilai. Bahkan, tak sedikit dari kita yang mungkin tidak mengetahui pengertian dan fungsinya.

Namun, tentu tak sedikit pula pengguna internet yang memahami dan mengenal mode ini. Apalagi, kita sudah bisa menemukan berbagai informasi terkait mode incognito lebih mudah lewat internet.

Lantas, apa itu mode incognito? Apakah mode pada aplikasi browser ini benar-benar bikin pengalaman berseluncur di internet makin aman? Lebih lengkap, simak uraian yang sudah dirangkum tim VOI dari berbagai sumber berikut ini.

Apa itu Mode Incognito?

Awalnya, mode incognito sebenarnya pengaturan khusus yang hanya bisa diakses pengguna Chrome saja. Tapi, kini sejumlah aplikasi browser juga sudah dibekali fitur serupa. Tentu dengan nama yang sedikit berbeda.

Mode ini memungkinkan pengguna lebih ‘aman’ selama berselancar di internet. Pasalnya, mode ini tidak akan menyimpan berbagai data pencarian yang dilakukan pengguna. Seperti log history, cookies, data situs, serta bentuk informasi lainnya.

Biasanya, data-data tersebut disimpan oleh browser untuk tujuan tertentu. Yakni untuk mengoptimalkan pengalaman berseluncur pengguna hingga dijual. Data inilah yang seringkali jadi sasaran empuk para peretas.

Melalui data pencarian, peretas bisa melacak aktivitas pengguna. Termasuk data transaksi yang pengguna lakukan lewat situs e-commerce atau jual-beli.

Lalu, Apakah Mode Incognito Benar-Benar Aman?

Membicarakan perihal keamanan, kita harus mengidentifikasi dulu pengertian ‘keamanan digital’. Mode incognito, dalam taraf tertentu, memang ampuh membuat aktivitas online pengguna jadi lebih aman.

Dengan tidak menyimpan beberapa bentuk data, tentu saja bisa membuat pengguna lebih aman. Terutama saat seseorang berhasil mengakses perangkat Anda. Bayangkan saja, ada seseorang yang berhasil meretas dan masuk ke jaringan komputer Anda, tapi tidak menemukan apa pun.

Namun, pada taraf kebocoran data di tingkat pengembang aplikasi, Mode Incognito tidak akan bisa membantumu. Pasalnya, masalah keamanan ini lebih komplek dibanding meretas data yang tersimpan pada perangkat tertentu.

Akan tetapi, di tengah perkembangan teknologi yang makin cepat ini, selalu menggunakan mode incognito selama berselancar setidaknya bisa menjaga diri Anda. Di samping itu, untuk menjaga data privasi Anda benar-benar aman, jangan sembarang membagikan data personal ke aplikasi.

Dan melalui kebiasaan baru tersebut, setidaknya kita bisa meminimalisir dampak pencurian data di tahap individual. Bagaimanapun, kita, sebagai netizen dan pengguna produk teknologi, harus mawas diri dan berpartisipasi dalam melindungi data diri.