Alasan Mengapa Mati Listrik Bisa Membahayakan PC atau Laptop Anda
Bahaya mati listrik pada PC komputer (Slate)

Bagikan:

YOGYAKARTA – PC yang Anda gunakan mengandalkan arus listrik yang stabil agar tetap hidup. Tapi, seringkali, layanan listrik di Indonesia kurang bisa diandalkan. Mati listrik sudah jadi bagian dari kehidupan masyarakat kita.

Padahal, arus listrik yang mengaliri PC atau laptop terputus tiba-tiba, malah berbahaya. Bahkan, banyak risikonya! Mau tahu apa aja risiko dari mati listrik pada PC atau laptop? Simak uraian di bawah.

Bagaimana Mati Listrik Merusak PC?

PC yang mati tiba-tiba karena terputusnya arus listrik membahayakan kesehatan komputer. Pasalnya, kerja sistem operasi begitu komplek. Oleh karena itu, untuk mematikannya, perlu melalui tahapan shutdown yang sudah diatur.

Tujuannya tentu saja agar seluruh layanan yang berjalan pada komputer bisa benar-benar dimatikan sebelum perangkat mati. Maka, mati listrik yang membuat PC tiba-tiba mati membuat tahapan shutdown gagal dilalui.

Kondisi tersebut berisiko besar pada data dan perangkat keras. Bahkan, seringkali membuat file data dari beberapa layanan pun corrupt, kemudian memengaruhi kinerja sistem operasi secara keseluruhan.

Kerusakan itu berpotensi dialami oleh komputer yang sering dimatikan secara paksa. Jenis komputer yang proses shutdown tidak dilakukan dengan tahapan yang sudah ditetapkan. Sedangkan jika Anda sering melakukannya, risiko pun tambah banyak.

Salah satu risiko yang sering dihadapi para pengguna PC atau komputer adalah RAM yang rusak. Pasalnya, layanan read-and-write yang berjalan di atas piringan penyimpanan selama perangkat bekerja, berhenti secara tiba-tiba dan kembali ke posisi awal.

Tak hanya itu, penyimpanan internal perangkat juga tak luput dari risiko kerusakan. Baik jenis penyimpanan Harddisk Drive (HDD) atau Solid-state Drive (SSD).

Bagaimana Cara Mengantisipasi Kerusakan Komputer Akibat Mati Listrik?

Di samping mati listrik, lonjakan listrik juga berbahaya bagi laptop atau PC. Sesuatu yang umumnya akan dihadapi PC ketika listrik mulai hidup setelah lama mati. Pasalnya, lonjakan listrik bisa membuat komponen elektronik di dalam PC kelebihan beban hingga terbakar.

Padahal, seperti kita tahu, mati listrik adalah sesuatu yang umum di Indonesia. Baik Anda yang tinggal di wilayah perkotaan atau desa, tentu pernah mengalaminya, bukan?

Nah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi kerusakan komputer akibat mati listrik.

  1. Langsung copot kabel PC dan stabilizer dari colokan begitu listrik mati secara tiba-tiba
  2. Gunakan UPS untuk mencegah kerusakan akibat mati listrik
  3. Gunakan pelindung lonjakan arus

Bagaimanapun, mati listrik merupakan sesuatu yang tidak bisa kita prediksi. Oleh karena itu, lakukan beberapa langkah di atas buat mengantisipasi kerusakan komputer akibat mati listrik.