GM Minta Pemilik Chevrolet Bolt untuk Parkir 15 Meter dari Kendaraan Lain, Ini Alasannya
Chevrolet Bolt diklaim bisa terbakar karena milik masalah dengan baterai. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA  - General Motors Co pada hari Rabu merekomendasikan agar pemilik kendaraan listrik Chevrolet Bolt yang memarkir mobil itu  di geladak di lantai atas atau di tempat terbuka, agar melakukannya setidaknya 50 kaki (sekitar 15 meter ) dari kendaraan lain. Sumber perusahaan pembuat mobil itu menyatakan hal itu karena alasan potensi risiko kebakaran.

“Tindakan pencegahan akan mengurangi potensi kerusakan pada struktur dan kendaraan di dekatnya jika terjadi potensi kebakaran namun jarang terjadi," kata juru bicara perusahaan dalam email. GM mengirimkan pemberitahuan ini kepada konsumen yang bertanya tentang masalah parkir, tambahnya.

GM sebelumnya telah meminta pemilik untuk memarkir kendaraan Bolt di luar ruangan, jauh dari bangunan, dan tidak menagihnya dalam semalam.

GM juga mendesak pemilik untuk tidak meninggalkan Bolt EVs saat pengisian daya tanpa pengawasan, bahkan jika menggunakan stasiun pengisian di dek parkir sekalipun. Bloomberg News telah melaporkan rekomendasi tersebut sebelumnya.

GM pada bulan Agustus memperluas penarikan Bolt ke lebih dari 140.000 kendaraan untuk menggantikan modul baterai, dengan biaya sekarang diperkirakan mencapai 1,8 miliar dolar AS setelah laporan 10 kebakaran yang melibatkan mobil jenis itu. Pembuat mobil mengatakan akan mencari penggantian dari pemasok baterai GM LG.

Pekan lalu, pembuat mobil terbesar di AS mengatakan akan memperpanjang penutupan pabrik perakitan Michigan selama dua minggu setelah penarikan masalah baterai Bolt.

GM mengatakan perpanjangan penghentian produksi di pabrik Orion Assembly yang akan berlangsung setidaknya 24 September adalah "akibat dari kekurangan baterai" terkait dengan penarikan tersebut.

“GM tidak akan melanjutkan produksi atau penjualan Bolt sampai yakin bahwa pemulihan akan mengatasi masalah risiko kebakaran,” ungkap jubir perusahaan itu.