Zoom Tambah 30 Bahasa Lagi Dalam Fitur Live Caption
Zoom mengumumkan akan membuat fitur tersebut tersedia untuk semua penggunanya pada musim gugur 2021. (foto: ilustrasi Zoom)

Bagikan:

JAKARTA - Awal tahun ini Zoom telah memperkenalkan fitur live caption atau terjemahan otomatis ke aplikasi video konferensinya. Kini, perusahaan mengatakan akan memiliki sejumlah peningkatan pada fitur tersebut dan lainnya.

Diungkapkan Zoom saat konferensi Zoomtoopia tahunan, di mana acara tersebut memberikan gambaran sekilas tentang beberapa fitur yang sedang dikerjakan untuk dibawa ke perangkat lunak konferensi video itu.

Yang pertama adalah fitur live caption, di awal tahun, Zoom mengumumkan akan membuat fitur tersebut tersedia untuk semua penggunanya pada musim gugur 2021. Sekarang, perusahaan berencana untuk membuatnya berfungsi dalam total 30 bahasa.

Perusahaan juga menambahkan dukungan terjemahan langsung untuk 12 bahasa. Kedua pembaruan itu akan terjadi selama tahun depan dan datang setelah perusahaan membeli startup yang berspesialisasi dalam terjemahan langsung.

"Perluasan fitur transkripsi dan terjemahan ini akan membantu mengatasi hambatan bahasa yang dapat mencegah komunikasi dan kolaborasi yang dinamis," ungkap Zoom dalam unggahan blog resminya seperti dikutip dari Engadget, Selasa, 14 September.

Selain fitur live caption, Zoom pun akan memberikan pengalaman pengguna yang terhubung dan merampingkan alur kerja, dengan merilis Widget Zoom. Di mana Widget Zoom, memungkinkan pengguna mendapatkan tampilan sekilas dari jadwal rapat, melihat siapa yang sudah ada dalam rapat, mengirim obrolan cepat, dan banyak lagi.

 

Zoom juga sedang mengerjakan pengalaman Whiteboard, yang akan membuat fitur tersebut tersedia di web, di luar rapat dan panggilan. Untuk itu, pengguna akan menemukan tab Whiteboard terpisah setelah diluncurkan dalam versi beta akhir tahun ini.

Kemudian di tahun depan, Zoom berencana menggandeng Facebook untuk menghadirkan perangkat lunak konferensi video dan fitur Whiteboard ke Horizon Workrooms perusahaan, untuk memungkinkan pengguna mengakses keduanya dalam teknologi realitas virtual.

Tidak hanya itu, Zoom juga bekerja pada beberapa fitur yang lebih kecil namun tetap menonjol. Misalnya, dukungan untuk enkripsi ujung-ke-ujung akan hadir di Zoom Phone. Hal ini memungkinkan pengguna menjaga panggilan telepon yang dilakukan melalui Zoom dengan aman.