Zoom Luncurkan Banyak Fitur Baru Termasuk Terjemahan Langsung
Zoom terus memperbaiki dan menawarkan fitur baru dalam aplikasinya. (foto: zoom)

Bagikan:

JAKARTA – Zoom mengumumkan beberapa pembaruan yang akan datang pada konferensi Zoomtopia pada Senin, 13 September, termasuk penambahan terjemahan langsung ke fitur transkripsi langsung otomatis dan perluasan fitur papan tulis menjadi aplikasi berfitur lebih lengkap.

Transkripsi langsung secara otomatis dan teks tertutup dalam bahasa Inggris akan tersedia pada Februari 2021 untuk akun Zoom gratis. Zoom juga mengatakan "berencana untuk menyediakan transkripsi real-time untuk (sebanyak 30 bahasa tambahan) pada akhir tahun depan."

Sebagai bagian dari dorongan itu, Zoom juga akan menawarkan layanan terjemahan untuk akun berbayar, dengan tujuan "mendukung terjemahan real-time di 12 bahasa pada akhir tahun depan."

Fitur papan tulis Zoom juga akan mengalami perubahan signifikan. Zoom saat ini memungkinkan Anda membuat dan berbagi papan tulis selama rapat sehingga Anda dapat mencoret-coret bersama saat berbicara, tetapi akhir tahun ini, perluasan yang direncanakan akan membuat Zoom Whiteboard tersedia di luar rapat di aplikasi Zoom dan di web.

Alat menggambar dasar tampaknya sama dengan yang ditawarkan Zoom saat ini; perbedaan utama adalah bahwa Whiteboard diperlakukan sebagai produk di samping panggilan video, bukan fitur di dalamnya. Di papan Anda, maka Anda dapat menambahkan catatan tempel, gambar, dan komentar, dan Anda dapat melihatnya kapan saja.

Zoom juga akan tersedia di Horizon Workrooms Facebook awal tahun depan. Menurut Zoom, ruang pertemuan VR bersama akan dapat menyelenggarakan rapat video dan terhubung ke Zoom Whiteboard. Anda dapat menyematkan Zoom Whiteboard ke meja virtual atau dinding agar semua orang dapat melihatnya di VR, dan menggambar bersama rekan kerja di rapat melalui komputer tradisional.

Zoom juga memperluas platform komunikasinya dengan aplikasi yang melengkapi penawaran Rapat Telepon, Obrolan, dan Webinar. Aplikasi Zoom telah diintegrasikan ke dalam alur kerja rapat untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam.

Solusi inklusif dan spesifik hibrida lainnya, seperti Hot Desking dan Zoom Rooms Smart Gallery, juga diumumkan. Hot Desking, menurut Zoom, akan memungkinkan karyawan untuk memesan meja dan ruang di kantor, dengan peta interaktif dan otentikasi sederhana. Umpan video individu dari peserta dalam ruangan dibuat menggunakan AI di galeri Zoom Rooms Smart. Solusi ini unik karena memungkinkan mereka yang bekerja dari jarak jauh merasa dilibatkan.

Zoomtopia menambahkan banyak fitur baru ke platform. Beberapa solusi inklusif baru, seperti Rooms Smart Gallery dan Horizon Workroom, adalah satu-satunya, tetapi mungkin perlu waktu untuk diterapkan.