Ford Rekrut Mantan Karyawan Apple dan Tesla untuk Kembangkan Kendaraan Otonom
Ford perlu membajak karyawan Apple untuk bisa kembangkan kendaraan otonom mereka. (foto; dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ford Motor Co.  mengatakan Selasa, 7 September,  bahwa mereka telah mempekerjakan mantan eksekutif Apple, Doug Field, sebagai kepala teknologi canggih dan petugas sistem tertanam. Filed sendiri adalah mantan kepala proyek mobil di perusahaan raksasa komputer,

“Penunjukan Field efektif hari Selasa, dia akan melapor kepada Presiden dan CEO Ford Jim Farley,” kata sumber di Ford dalam sebuah pernyataan.

Tugas Field adalah memimpin grup perangkat lunak dan perangkat keras tertanam untuk Ford. Dia akan bermitra dengan Hau Thai-Tang, kepala platform produk dan petugas operasi Ford, untuk menciptakan produk dan pengalaman terhubung kendaraan Ford generasi berikutnya.

Field kembali ke Ford setelah memulai karirnya sebagai insinyur pengembangan dari 1987 hingga 1993. Sebelumnya, Field datang ke Apple dari Tesla dan merupakan pemain kunci di tim Project Titan karena menjabat sebagai VP di tim khusus dalam proyek kendaraan otonom milik Apple tersebut.

Tesla telah mempekerjakan Field dari Apple pada 2013, tetapi ia kembali ke perusahaan komputer pada tahun 2018. Rekam jejak ini menunjukkan jika Field adalah orang yang dianggap penting dan dipercaya untuk mengembangkan kendaraan otonom.

“Doug Field adalah salah satu pemimpin teknik dan desain produk yang paling dihormati di dunia dan telah menjadi kekuatan pendorong di balik produk-produk terobosan di bidang otomotif, teknologi, dan mobilitas, termasuk di Apple, Tesla, dan Segway,” kata Farley.

Apple mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "kami berterima kasih atas kontribusi yang telah diberikan Doug Filed kepada Apple dan kami berharap yang terbaik untuknya di bab berikutnya."

Ini makin menegaskan jika mantan karyawannya itu adalah orang penting dalam pengembangan teknologi self-driving di Apple.  Ford berharap dengan mempekerjakan Doug Field, mereka bisa mengembangkan kendaraan otonom agar sejajar dengan Tesla atau pun Apple.

Pekan lalu, Apple dilaporkan mengunjungi pemasok dan pembuat mobil Asia untuk mempersiapkan produksi massal Apple Car pada 2024 di tengah kekurangan chip dan komponen global lainnya.

Analis Wedbush Dan Ives baru-baru ini mengatakan dia percaya "2024 atau 2025 adalah saat Anda melihat Apple Car."