Aplikasi Android Gagal Update Otomatis? Perbaiki dengan Cara Ini
Aplikasi Play Store (TechCrunch)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memperbarui aplikasi adalah salah satu hal yang penting dan dibutuhkan telepon pintar. Pasalnya, bisa menjaga perangkat agar terhindar dari malware, adsware, virus, serta ancaman digital lainnya.

Setiap pembaruan biasanya hadir dengan fitur anyar serta perbaikan pada sejumlah bug, celah keamanan, serta eror yang ditemukan. Dan jika Anda seringkali lupa, terdapat fitur perbarui otomatis yang bisa Anda manfaatkan.

Seperti yang bisa kita simpulkan dari namanya, fitur Pembaruan Otomatis berfungsi untuk membuat sistem operasi mengunduh setiap versi terbaru yang tersedia pada toko aplikasi. Dengan begitu, Anda yang mudah lalai dan lupa untuk memperbarui pun tentunya bakal tertolong sekali.

Hanya saja, ada satu kendala yang dialami banyak perangkat. Yakni ketika fitur Pembaruan Otomatis tidak berjalan. Dan jika itu terjadi, maka fungsi otomatisasi pembaruan pun tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk membantu pembaca mengatasi kegagalan update otomatis pada aplikasi Android, tim VOI sudah merangkumkan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Langsung cek melalui salah satu langkah berikut ini saja.

Cek Koneksi Internet

Sinyal internet yang buruk atau kurang stabil bisa mengakibatkan pembaruan otomatis tidak berjalan. Maka dari itu, Anda perlu mengecek bagaimana kekuatan jaringan yang terhubung pada perangkat. Baik jaringan data seluler maupun Wi-Fi.

Setelah memastikan koneksi Anda bukanlah penyebabnya, saatnya untuk mengubah pengaturan saat mengunduh pembaruan. Ubah agar pembaruan cuma bisa berjalan saat ponsel terhubung dengan Wi-Fi. Selain menghemat data seluler, Wi-Fi juga menyediakan koneksi yang lebih kencang dan stabil.

Untuk mengubah pengaturan, pertama buka aplikasi Play Store terlebih dulu. Selanjutnya, buka menu Pengaturan, lalu pilih Preferensi Jaringan. Kemudian, ketuk menu Otomatis Perbarui.

Cek Pengaturan Waktu dan Tanggal

Mungkin terdengar sepele, tapi juga tak kalah penting. Jika pengaturan waktu dan tanggal pada ponsel Anda kurang update, sejumlah layanan Android pun tak bisa digunakan. Selain gagal memperbarui aplikasi secara otomatis, Anda juga tidak bisa membuka Play Store!

Pasalnya, waktu dan tanggal yang salah bisa membuat server Google gagal dalam menjalankan sinkronisasi dengan perangkat. Untuk mengubah pengaturan waktu dan tanggal pun mudah. Buka aplikasi Pengaturan, pilih menu Pengaturan Tambahan, lalu ketuk Tanggal dan Waktu.

Bersihkan File Cache

Kendala terakhir yang sering mengakibatkan pembaruan otomatis gagal adalah file cache yang menumpuk. Play Store membuat file cache untuk membuat pemberitahuan saat ada versi terbaru aplikasi serta membuat layanan berjalan lebih cepat.

Tapi, tumpukan file cache yang terlalu banyak juga bisa mengakibatkan gangguan pada layanan. Salah satunya pembaruan otomatis gagal. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan file cache sesekali waktu.

Untuk membersihkan file cache Play Store, buka Pengaturan lalu ketuk menu Manajemen Aplikasi. Selanjutnya Anda akan melihat Daftar Aplikasi. Temukan aplikasi Play Store, lalu ketuk ikon aplikasi tersebut. Terakhir, ketuk tombol Data, lalu ketuk Bersihkan Cache atau Bersihkan Data.

Usai sudah uraian untuk memperbaiki pembaruan aplikasi otomatis yang gagal. Jika kendala ini sedang Anda hadapi, langsung jalankan salah satu langkah di atas.