Android 13 Kini Sudah Berjalan di 5,2 Persen Perangkat di Dunia!
Android 13 sudah diinstal di 5,2% perangkat Android (foto: Wikipedia)

Bagikan:

JAKARTA - Kurang dari enam bulan setelah diluncurkan, Android 13 kini sudah berjalan di lebih 5,2% dari semua perangkat Android di seluruh dunia. 

Berdasarkan data dari Android Studio yang ditemukan oleh 9to5google juga mengungkapkan bahwa versi Android 12 dan Android 12L sudah memiliki 18,9%, yang berarti meningkat dibandingkan 13,5% pada Agustus 2022.

Pengumuman ini menandai pembaruan pertama pada tahun 2023 dan menawarkan pandangan pertama tentang seberapa cepat Android 13 dikirimkan ke semua perangkat penggunanya. 

Mengintip versi yang lebih lama, data menunjukkan bahwa penggunaan Android Oreo akhirnya turun di bawah 10%, dengan persentase penurunan yang serupa. Android Jelly Bean yang sebelumnya berbobot 0,3% tidak lagi terdaftar, sedangkan KitKat turun dari 0,9% menjadi 0,7%.

Tidak diragukan lagi, kecepatan adopsi Android 13 sebagian berkat peluncuran pembaruan yang cepat oleh pembuat ponsel termasuk Google, Samsung, OnePlus, Sony, dan banyak lagi.

Pada saat peluncurannya pertama kali di bulan Agustus, Android 13 mempromosikan dirinya dengan peningkatan privasi pengguna. Ada beberapa fitur produktivitas baru, seperti ikon aplikasi bertema, bahasa per aplikasi, serta pratinjau papan klip. 

Cara Update ke Android 13

Setiap smartphone Android biasanya akan menawarkan pembaruan OS otomatis bagi penggunanya. Namun, Anda bisa memastikan kembali ketersediaan update Android 13 melalui menu Pengaturan.

Anda bisa mencari menu dengan kata kunci “Software update” atau “System update” dalam bahasa Inggris maupun menggunakan bahasa Indonesia “Pembaruan perangkat lunak” atau “Pembaruan sistem” dalam bahasa Indonesia. 

Kemudian, Anda bisa memilih menu “Checking updates”, “Download and install”, atau “Unduh dan pasang” untuk mengecek ketersediaan update