Terbaru dari Google, Apa Kelebihan Android 13? Ini Review dan Daftarnya
Ilustrasi Android dari Google (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Belum lama ini pengguna Android mendapat pembaruan sistem operasi terbarunya yakni Android 13. Meski diluncurkan pada 2022 lalu, OS paling anyar dari Google itu masih menjadi andalan di tahun 2023. Lalu apa kelebihan Android 13 yang saat ini sudah tersedia?

Kelebihan Android 13

Karena jadi OS paling baru, Android 13 menawarkan beragam fitur baru yang tentu saja beberapa di antaranya tak dimiliki oleh Android 12. Secara internal, nama Android 13 berkode Android Tiramisu yang diluncurkan pada bulan Agustus 2022 lalu.

Salah satu keuntungan menarik yang ditawarkan Android 13 adalah pengguna memungkinkan memakai bahasa yang berbeda di aplikasi yang berbeda dengan melakukan pengaturan di bagian “setting”. Selain itu fitur keamanannya tentu lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Berikut ini daftar kelebihan Android 13.

  1. Sisi Tampilan

Dari sisi tampilan, Android 13 banyak memberikan kostumisasi. Selain itu OS baru ini juga memberikan kelebihan pada pengaturan bahasa dan adanya peningkatan pada kontrol privasi.

Kustomisasi Material You UI membuat penggunanya bisa mengubah tema dan warna pada aplikasi menyesuaikan warna wallpaper yang diterapkan. Tak sampai situ, pengguna juga bisa menggunakan bahasa yang berbeda di aplikasi yang berbeda.

Wallpaper pada Android 13 juga memungkinkan untuk diatur warnanya. Misalnya, wallpaper pelangi bisa sedikit digelapkan hingga benar-benar gelap.

  1. Sisi Keamanan

Android 13 memberikan kelebihan lain dari sisi keamanan. Pengguna tak perlu lagi memberi akses secara penuh ke galeri kepada aplikasi saat minta izin. Bahkan pengguna juga bisa memilih foto atau video mana yang bisa terdeteksi oleh aplikasi secara selektif.

Sebagai contoh, saat foto atau video tersimpah di aplikasi WhatsApp, maka dua media tersebut hanya bisa dibagikan lewat aplikasi yang sama.

  1. Penyesuaian Ikon dan Tema

Anda bisa menyesuaikan ikon aplikasi dengan tema yang diterapkan pengguna pada ponsel. Saat fitur ini diterapkan, seluruh ikon aplikasi yang ada di ponsel akan berubah sesuai tema ponsel. Namun fitur ini bisa diaktifkan maupun tidak.

  1. Bisa Diterapkan di Piranti Layar Lebar

Pengguna piranti berlayar lebar seperti tablet atau Chromebook boleh berbahagia. Pasalnya Android 13 bisa digunakan pada piranti berlayar lebar. Bahkan Android 13 hadir untuk Android TV. Penerapan ini tentu cukup menyenangkan mengingat Android generasi sebelumnya pada piranti berlayar lebar berbeda dengan smartphone biasa.

  1. Riwayat Clipboard Terhapus Otomatis

Meski fitur ini tak terlalu ketara, namun penting untuk diperhatikan mengingat pengguna ponsel kerap melakukan Copy pada data sensitif seperti nomor ponsel, email, hingga password. Android 13 akan melakukan penghapusan riwayat clipboard dalam jangka waktu tertentu.

  1. Sisi Audio

Android 13 meningkatkan performa sisi audio dengan mengadopsi Bluetooth Low Energy (LE) yang membuat latensi lebih rendah dibanding audio klasik. Selain itu peningkatan juga memungkinkan audio lebih sinkron dengan sumber suara dan mencegah delay suara. Audio pada Android 13 juga mendukung multi-stream antara beberapa perangkat bluetooth secara bersama-sama.

  1. Penyalinan Konten tanpa Copy-Paste

Fitur Android 13 yang juga menarik adalah adanya fitur copy-paste pada konten gambar, teks, tautan, hingga video. Artinya pengguna bisa menyalin konten tanpa harus mengunduhnya lebih dulu sehingga menyimpan memori serta mempersingkat waktu.

  1. Multitasking Lebih Mudah

Kemampuan multitasking pada ponsel sangat penting untuk menunjang penggunaan. Di Android 13,  ada penambahan kemampuan multitasking dan bisa dirasakan di tablet atau layar lebar lain.

Pertantaan terkait apa kelebihan Android 13 memang kerap ditanyakan oleh beberapa pengguna. Untuk mendapatkan informasi lain kunjungi VOI.ID.